Deretan Kendaraan Pejabat Bea Cukai Jogja Viral di Twitter, dari Jeep Willys 1944 hingga Fortuner 2019

YOGYAKARTA – Warganet menyoroti deretan kendaraan pejabat Bea Cukai Jogja yang viral di media sosial Twitter. Pejabat itu disorot karena sering pamer kekayaan yang berupa motor gede (moge), mobil antik, hingga mobil baru. Pejabat tersebut memamerkan gaya hidup mewahnya lewat Instagram pribadinya, @eko_darmanto_bc.

Pejabat tersebut merupakan Kepala Kantor Bea dan Cukai Daerah Istimewa Yogyakarta yang bernama Eko Darmanto. Ia viral bersama tagar Bea Cukai Hedon di Twitter.

Kendaraan Pejabat Bea Cukai Jogja yang Viral

Sebelumnya, akun Instagram @eko_darmanto_bc dapat dilihat secara bebas sesama pengguna Instagram. Sayangnya, kini akun tersebut tidak bisa dilihat lagi. Akan tetapi tangkapan layar yang memperlihatkan isi galeri Instagram Eko beredar luas di media sosial.

Dalam tangkapan layar yang beredar, Eko tidak hanya pamer kendaraan mahal namun juga nampak mengenakan barang-barang branded yang mewah dengan harga fantastis. Bahkan ia mempertontonkan fotonya di dekat pesawat jenis Cessna. Meski demikian belum bisa dipastikan pesawat itu dimiliki oleh Eko atau tidak.

Eko tercatat memiliki 9 kendaraan mewah dan antik. Mobil termurah yang dimilikinya seharga Rp150 juta. Berikut daftar kendaraan milik Eko Darmanto.

  1. Jeep Willys tahun 1944 seharga Rp150 juta
  2. Chevrolet Bell Air tahun 1955 seharga Rp200 juta
  3. Chevrolet Apache tahun 1957 seharga Rp200 juta.
  4. Dodge Fargo tahun 1957 seharga Rp150 juta
  5. Ford Bronco tahun 1972 seharga Rp150 juta
  6. BMW tipe sedan tahun 2018 seharga Rp850 juta
  7. Mercedes-Benz tipe sedan tahun 2018 seharga Rp600 juta
  8. Toyota Fortuner tahun 2019 seharga Rp400 juta
  9. Mazda 2 tahun 2019 seharga Rp200 juta

Kekayaan Eko Darmanto sebagai pejabat Bea Cukai Yogyakarta tercatat dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) tahun 2021. Dalam LHKPN, kesembilan mobil yang dimiliki Eko tercantum keterangan atas perolehan hasil sendiri. Selain itu motor gede (moge) yang tampak ditunggangi Eko tak ada dalam daftar.

Patut diketahui pula bahwa sembilan mobil di atas punya kontribusi sebesar lebih dari 40 persen dari total kekayaannya dengan nilai sebesar Rp2,9 miliar.

Dalam catatan, Eko memiliki kekayaan senilai Rp15,7 miliar dengan utang sebesar Rp9 miliar. Dengan demikian kekayaan bersih yang dimiliki Eko sebesar Rp6,7 miliar. Sebagian besar aset Eko berupa tanah dan bangunan senilai Rp12,5 miliar. Selain itu ada alat transportasi dan mesin seharga Rp2,9 miliar, harta bergerak lain Rp100,7 juta, kas dan setara kas Rp238.904.391.

Viralnya kendaraan mewah dan gaya hidup hedon Eko tersorot setelah kasus pejabat eselon III Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Rafael Alun Sambodo mencuat.

Terkait sorotan yang didapat Eko Darmanto, Juru Bicara Kemenkeu Yustinus Prastowo menginformasikan bahwa foto harta dan kendaraan Eko telah diteruskan ke Jenderal (Itjen) Kemenkeu dan akan menjadi perhatian instansi.

"Siap Bang, terima kasih, maaf baru kembali dari tugas lapangan. Informasi ini sudah saya teruskan ke Itjen Kemenkeu. Menjadi perhatian pimpinan," tulis Yustinus di Twitter saat membalas laporan warganet, Selasa 28 Februari.

Selain terkait deretan kendaraan pejabat bea cukai Jogja yang viral, kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.