Lima Nama Calon Kapolri Pengganti Jenderal Idham Azis Sudah di Kantong Jokowi

JAKARTA - Ketua Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Mahfud MD memaparkan lima nama Komisaris Jenderal (Komjen) yang direkomendasikan untuk menjabat sebagai Kapolri. Mereka yang dianggap paling memenuhi syarat.

"Ini lima Komjen yang diajukan kepada Presiden oleh Kompolnas untuk dipilih sebagai calon Kapolri. Gatot Edy Pramono, Boy Rafli Amar, Listyo Sigit Prabowo, Arief Sulistyanto, Agus Andrianto," ucap Mahfud dikutip dari akun twitternya, Jumat, 8 Januari.

Lima jenderal bintang tiga ini dianggap yang paling cocok menjabat sebagai Kapolri. Sebab, mereka memiliki rekam jejak dan presrati yang baik di Polri.

"Kelima orang itu dianggap memenuhi syarat profesionalitas, loyalitas, jam terbang," kata dia.

Sebelumnya, Mahfud menyebut dari nama-nama yang diajukan kepada Presiden dan DPR tak ada satupun yang berpangkat Irjen. Semuanya berpangkat Komisaris Jenderal.

"Yang diajukan semua jenderal bintang 3, tidak ada yang masih bintang 2," kata dia.

Sekadar informasi, bursa Kapolri saat ini sedang menjadi sorotan. Sebab, Jenderal Idham Azis tak lama lagi akan memasuki masa pensiun. Banyak spekulasi soal nama-nama yang digadang-gadang bakal menggantikannya.

Adapun Jenderal Idham Aziz menjabat sebagai Kapolri usai dilantik Presiden Joko Widodo pada 1 November 2019. Dia bakal pensiun pada Januari 2021 setelah menjadi orang nomor satu Polri selama kurang lebih satu tahun dua bulan.