Apa Itu Ekspatriat? Berikut Uraiannya

YOGYAKARTA - Kalau ditanya apa itu Ekspatriat, atau ekspatriat, yaitu individu yang tinggal dan/atau bekerja di negara selain negara kewarganegaraannya, seringkali untuk sementara dan karena alasan pekerjaan. Ekspatriat juga bisa menjadi individu yang telah melepaskan kewarganegaraan di negara asalnya untuk menjadi warga negara orang lain.

Memahami Apa Itu Ekspatriat

Ilustrasi ekspatriat (Unsplash)

 

Ekspatriat adalah pekerja migran yang merupakan pekerja profesional atau terampil dalam profesinya. Pekerja mengambil posisi di luar negara asalnya, baik secara mandiri maupun sebagai penugasan kerja yang dijadwalkan oleh pemberi kerja, yang dapat berupa perusahaan, universitas, pemerintah, atau organisasi non-pemerintah.

Jika majikan Anda mengirim Anda dari pekerjaan Anda di kantor Silicon Valley untuk bekerja dalam waktu lama di kantornya di Toronto, Anda akan dianggap sebagai ekspatriat atau "pendatang" setelah Anda tiba di Toronto.

Ekspatriat biasanya berpenghasilan lebih dari yang mereka dapatkan di rumah, dan lebih dari karyawan lokal. Selain gaji, bisnis terkadang memberikan tunjangan kepada karyawan ekspatriat seperti bantuan relokasi dan tunjangan perumahan.

Hidup sebagai ekspatriat dapat menjadi hal yang menarik dan menghadirkan peluang yang sangat baik untuk kemajuan karir dan pemaparan bisnis global, tetapi juga dapat menjadi transisi yang sulit secara emosional yang melibatkan pemisahan dari teman dan keluarga sambil menyesuaikan diri dengan budaya dan lingkungan kerja yang asing. Itulah alasan di balik kompensasi yang lebih tinggi yang ditawarkan kepada para pekerja migran ini.

Pertimbangan Khusus: Pensiun di Luar Negeri

Banyak ekspatriasi terjadi selama masa pensiun. Sementara sebagian besar orang Amerika menghabiskan masa pensiun mereka di AS, semakin banyak yang memilih untuk pensiun di luar negeri. Orang termotivasi untuk pindah ke luar negeri pada usia yang lebih tua karena beberapa alasan, termasuk biaya hidup yang lebih rendah, iklim yang lebih baik, akses ke pantai, atau beberapa kombinasi dari alasan tersebut dan lainnya.

Tetapi juga sulit untuk menavigasi pajak, visa jangka panjang, dan perbedaan bahasa dan budaya yang dialami saat menetap di negara lain.

Pilihan umum yang diberikan kepada pensiunan ekspatriat adalah antara tempat tinggal permanen dan kewarganegaraan ganda. Perhatikan bahwa baik kewarganegaraan ganda maupun residensi membuat Anda tidak mengajukan pengembalian pajak AS setiap tahun. Ini mengejutkan dan memberatkan, tetapi orang Amerika tetap harus membayar pajak penghasilan di mana pun mereka tinggal, dan mereka berutang di mana pun pendapatan mereka diperoleh.

Anda mungkin juga harus mengajukan pengembalian pajak penghasilan di negara tempat tinggal Anda, meskipun sebagian besar mengurangi jumlah yang dibayarkan penduduk Amerika ke AS melalui perjanjian yang meminimalkan pajak berganda.

Jika Anda seorang pensiunan atau hampir pensiunan yang berada di pagar, Anda menghadapi keputusan sulit yang akan membutuhkan pencarian jiwa dan penelitian — dan mungkin perjalanan ke luar negeri (atau beberapa) untuk menguji air sebelum Anda membuat keputusan.

Pengecualian Penghasilan Luar Negeri

Bagi orang Amerika yang bekerja di luar negeri sebagai ekspatriat, mematuhi peraturan pajak penghasilan Amerika Serikat merupakan tantangan tambahan dan beban keuangan karena AS mengenakan pajak kepada warga negaranya atas penghasilan yang diperoleh di luar negeri.

Namun, untuk menghindari pajak berganda, kode pajak AS berisi ketentuan yang membantu mengurangi kewajiban pajak. Pajak yang dibayarkan di negara asing dapat digunakan sebagai kredit pajak di AS, yang jika diterapkan terhadap tagihan pajak ekspatriat, akan menguranginya.

Pengecualian Penghasilan Asing (FEIE), misalnya, memungkinkan ekspatriat untuk mengecualikan dari pengembalian pajak mereka sejumlah pendapatan luar negeri mereka, yang diindeks dengan inflasi. Untuk tahun 2022, jumlah ini adalah $112.000 USD. Untuk tahun 2023, harganya $120.000 USD. Ekspatriat yang berpenghasilan, katakanlah $180.000 USD pada tahun 2022 dari pekerjaan mereka di negara asing yang bebas pajak hanya perlu membayar pajak pendapatan federal AS sebesar $180.000 USD - $112.00 = $68.000 USD.

Jadi setelah mengetahui apa itu ekspatriat, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!