Membaca Faktor yang Memengaruhi Tren Bisnis Kreatif 2023

YOGYAKARTA – Pengusaha seharusnya bisa membaca tren bisnis kreatif 2023. Dengan kemampuan pembacaan tren tersebut, pengusaha tidak hanya akan mendapat keuntungan materi namun juga akan berdampak baik terhadap sosial dan lingkungan.

Seperti diketahui, bisnis kreatif adalah bisnis yang dalam pelaksanaannya melibatkan unsur-unsur yang memerlukan sifat kreatif. Di bidang bisnis, kreatifitas pemilik maupun timnya akan sangat dibutuhkan untuk memajukan perusahaan dan mendatangkan keuntungan.

Tren Bisnis Kreatif 2023

Di tahun 2023, tren bisnis kreatif pun berkembang menyesuaikan zaman. Ada banyak faktor yang menyebabkan tren bisnis kreatif tahun ini mengalami perubahan seperti mulai pulihnya situasi pandemi yang sebelumnya terjadi dan menimpa dunia.  Selain itu kebiasaan baru masyarakat terhadap teknologi juga ikut menggeser industri kreatif.

Berikut ini beberapa hal yang mempengaruhi tren bisnis kreatif, melansir Forbes.

  1. Percepatan Transformasi Digital

Transformasi digital yang terjadi di tahun 2023 menjadi sangat cepat. Pasalnya, selama pandemi, masyarakat dunia dipaksa untuk memanfaatkan teknologi sebagai bagian dari kehidupan mereka. Hal itu kemudian melahirkan teknologi lain seperti artificial intelligence (AI), cloud computing, blockchain, hingga jaringan internet generasi 5 atau 5G.

Akibatnya, bisnis harus mempertimbangan kondisi transformasi digital yang terjadi di masyarakat. Pelaku bisnis kemudian secara kreatif memanfaatkan teknologi yang ada untuk kepentingan bisnis dan perusahaan.

  1. Rantai Pasokan

Dalam bisnis, mempertimbangkan rantai pasokan jadi hal yang sangat penting. Rantai pasokan sendiri sempat terkena imbas karena pandemi COVID-19, ditambah situasi perang yang terjadi di Ukraina-Rusia.

Kondisi tersebut kemudian memaksa pelaku bisnis untuk terus berinovasi dengan mempertimbangkan bahan baku alternatif serta mencari alternatif lain terkait pendistribusian produk.

  1. Bisnis Berkelanjutan

Bisnis berkelanjutan dalam hal ini adalah bisnis yang mempertimbangkan faktor ekologi. Unsur kreatif dalam bisnis akan mengembangkan produk yang bisa diterima oleh masyarakat dan bisa didaur ulang tanpa merusak lingkungan. Tak heran di masa depan akan muncul produk-produk yang lebih ramah lingkungan.

  1. Mengedepankan Pengalaman

Teknologi yang semakin canggih memungkinkan untuk konsumen mencoba produk tanpa harus membelinya lebih dulu. Kemampuan ini mungkin terjadi dengan memanfaatkan teknologi visual. Sebagai contoh, Anda ingin membeli kacamata merk A namun ingin mencobanya. Untuk melihat penampilan Anda saat menggunakan kacamata A, teknologi Augmented Reality atau AR.

  1. Efektivitas yang Meningkat

Beberapa waktu terakhir banyak masyarakat yang lebih memilih bekerja sesuai passion. Mereka kemudian memutuskan untuk berhenti dari perusahaan besar dan mulai berkarier di bidang yang disukai. Kondisi ini menyebabkan perusahaan kekurangan talenta.

Di sisi lain perusahaan juga mulai mengedepankan efektivitas suatu pekerjaan. Tren penggunaan teknologi untuk menggantikan pekerjaan pekerja manusia juga mulai muncul. Perusahaan akan memilih pekerja yang bertalenta tanpa melupakan passion mereka untuk menjalankan bisnis perusahaan. Hal tersebut tentu berdampak pada tingkat efektivitas produksi.

Tahun 2023 sepertinya menjadi tahun bisnis yang semakin rumit karena para pelaku bisnis harus bisa mempertimbangkan kreatifitas hingga teknologi yang tersedia. Inovasi menjadi sangat penting dan harus dimiliki oleh tenaga kerja manusia.

Itulah informasi terkait tren bisnis kreatif 2023. Untuk mendapatkan informasi menarik lain kunjungi VOI.ID.