ESB Tawarkan Software Khusus Bisnis Kuliner
BANDUNG - Tahun 2022 mencatat peningkatan bisnis pada sektor industri restoran dan rumah makan, seiring dengan membaiknya situasi pandemi COVID-19. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat bahwa Jawa Barat berada di posisi kedua di tingkat nasional dengan 1.414 usaha penyedia makanan dan minuman. Pada tahun 2022, Kementerian Perindustrian mencatat ada peningkatan 3,68% dalam pertumbuhan sektor industri restoran dan rumah makan, meningkat dari 2,95% pada tahun 2021.
Digitalisasi menjadi salah satu cara efektif untuk meningkatkan produktivitas bisnis kuliner dan membantu pertumbuhannya. Bisnis restoran atau kuliner dapat berjalan lebih efektif dan efisien jika menggunakan software pengelolaan bisnis yang terintegrasi dan dapat dioperasikan melalui berbagai device dan platform.
PT Esensi Solusi Buana (ESB) hadir sebagai solusi untuk memacu pertumbuhan bisnis kuliner di Indonesia. ESB menawarkan software yang terintegrasi khusus untuk bisnis kuliner F&B, seperti restoran, cloud kitchen, warung makan, dan perhotelan. ESB memiliki ekosistem lengkap, mulai dari proses pemesanan, pembayaran kasir, catatan pesanan, procurement, program loyalitas, hingga booking system.
Untuk melengkapi ekosistem digital ESB, baru-baru ini diluncurkan fitur terbarunya yaitu Ayomakan! Platform digital berbasis website yang diyakini dapat menjadi solusi untuk dua target, yaitu pemilik bisnis restoran dan masyarakat umum.
Bagi pemilik bisnis, mereka dapat dengan mudah mengintegrasikan ESB POS dengan Ayomakan! untuk meningkatkan eksposur mereka, memudahkan pemesanan, hingga pembayaran. Sementara bagi konsumen, mereka akan dapat memilih kuliner yang ingin dicoba dengan mudah. Konsumen dapat melakukan order delivery, pick up, hingga reservasi. Selain itu, konsumen juga dapat mencari referensi tempat makan, melihat tren, dan memberikan ulasan melalui Ayomakan!
Baca juga:
CEO dan Founder ESB, Gunawan mengatakan ESB adalah solusi yang komplet untuk membantu operasional usaha kuliner. “Platform teknologi restoran ESB menghadirkan solusi end-to-end berbasis cloud untuk membantu pelaku usaha kuliner mengurangi biaya operasional, mengelola operasi restoran, serta meningkatkan pesanan secara online”, ujar Gunawan.
Partisipasi ESB di BIFHEX 2023
Melihat data di atas, ESB ingin berkontribusi dalam membantu meningkatkan geliat perekonomian di daerah Jawa Barat dalam bentuk partisipasi di Bandung International Food & Hotel Expo (BIFHEX) 2023 di Sudirman Grand Ballroom, Bandung.
Acara ini adalah ajang yang tepat untuk ESB memperkenalkan produk-produknya. Seperti ESB POS yang merupakan aplikasi kasir online-offline berbasis Windows/Linux yang terintegrasi dengan seluruh ekosistem ESB dalam toko, seperti kitchen display, customer display, captain order, kios pemesanan, sistem ERP, loyalty system, aplikasi pemesanan di luar ekosistem ESB, dan berbagai sistem pembayaran.
Pada kesempatan ini, ESB memberikan promo yang menarik mulai dari diskon hingga 70% plus gratis langganan 12 bulan. Untuk mendapatkan promo ini, pemilik bisnis atau usaha kuliner cukup mengunjungi booth ESB di BIFHEX 2023 dari tanggal 2-5 Februari 2023.
“Melihat potensi bisnis kuliner yang besar di kota Bandung, ESB ingin dapat membantu lebih banyak lagi pengusaha kuliner untuk mengoptimalkan bisnisnya dengan memanfaatkan ekosistem ESB yang terintegrasi secara seamless,” kata Gunawan.
Hadir sejak tahun 2018, hingga saat ini ESB telah menggandeng hampir 8,000 merchant yang sudah terintegrasi dengan ekosistem ESB. Merchant tersebut tersebar di kota-kota besar seperti Jabodetabek, Solo, Surabaya, Semarang, Yogyakarta dan Bali.