Apa Itu Hidden Hunger: Jangan Anggap Enteng, Ini Bahaya!

YOGYAKARTA - Lapar tersembunyi atau hidden hunger adalah istilah yang mengacu pada bentuk defisiensi dengan mengonsumsi makanan yang tidak mencukupi vitamin dan mikronutrien. Yuk bahas apa itu hidden hunger!

Apa Itu Hidden Hunger

Hidden Hunger (Gambar Ben White - Unsplash)

Meski dipantau dan dipahami, masalah defisiensi mikronutrien seringkali luput dari perhatian, sehingga terciptalah istilah 'kelaparan tersembunyi'.

Apa yang menyebabkan Kelaparan Tersembunyi?

Biasanya penyebab kelaparan tersembunyi adalah ketika orang merasa sulit untuk mendiversifikasi pola makan mereka dengan makanan bergizi dalam jumlah yang cukup seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, daging, dll. Dengan demikian, masyarakat yang memiliki persediaan makanan biasa akan mengalami kekurangan zat gizi mikro. .

Efek defisiensi mikronutrien yang paling jelas adalah anemia atau gondok. Ini membantu dalam mengidentifikasi adanya rasa lapar yang tersembunyi. Tetapi penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan seberapa serius masalahnya.

Sesuai data Survei Kesehatan Keluarga Nasional – V (NFHS-V) yang dilakukan pada 2018-2019, Sekitar 57,2 persen wanita dalam kelompok usia 15 hingga 49 tahun mengalami anemia, naik dari 49,7 persen pada NFHS- 4. Di daerah perkotaan, angka anemia sedikit lebih rendah dibandingkan daerah pedesaan.

Apa langkah-langkah yang diambil untuk mengurangi Hidden Hunger?

Kelaparan tersembunyi dapat diatasi dengan penerapan strategi berikut

  • Suplementasi
  • Benteng
  • Diversifikasi diet.

Strategi-strategi ini dianggap oleh Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO) cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi masyarakat umum

  1. Suplementasi: Pendekatan teknis, suplementasi memberikan nutrisi langsung ke penduduk melalui sirup atau pil. Keuntungan utamanya adalah dapat memasok nutrisi dalam jumlah tertentu dalam bentuk yang sangat mudah diserap.

Perlu dicatat bahwa suplementasi adalah metode jangka pendek yang pada akhirnya digantikan oleh tindakan berbasis makanan untuk meningkatkan keragaman makanan dan nutrisi.

Program suplementasi di India difokuskan pada penyediaan zat besi untuk wanita hamil dan vitamin A untuk anak di bawah 5 tahun.

  1. Fortifikasi makanan

Fortifikasi pangan adalah penambahan zat gizi mikro pada makanan olahan.

Pengayaan dan fortifikasi adalah beberapa metode yang digunakan.

Pengayaan mengembalikan nutrisi yang hilang selama pemrosesan makanan, sedangkan dalam fortifikasi, ditambahkan nutrisi yang semula tidak ditemukan dalam makanan yang sedang diproses.

Bergantung pada kebutuhan, fortifikasi makanan dilakukan untuk memenuhi tujuan berikut

  • Menjaga kualitas nutrisi makanan
  • Mencegah kekurangan gizi pada populasi
  • Menyediakan fungsi teknologi dalam pengolahan makanan

Fortifikasi makanan memainkan peran penting dalam meningkatkan program peningkatan gizi dan dianggap sebagai bagian dari pendekatan langsung untuk mengurangi kelaparan tersembunyi.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang bio-fortifikasi, kunjungi artikel terkait

Fortifikasi makanan memainkan peran penting dalam meningkatkan program peningkatan gizi dan dianggap sebagai bagian dari pendekatan langsung untuk mengurangi kelaparan tersembunyi.

  1. Diversifikasi Diet

Melalui diversifikasi diet kuantitas dan kisaran makanan kaya mikronutrien dapat ditingkatkan. Ini membutuhkan berbagai jenis makanan seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, produk susu, dll agar tersedia dan itu juga dalam jumlah yang sesuai.

Dengan keragaman pola makan, banyak bahan makanan seperti antioksidan, dan probiotik dapat dikonsumsi, sehingga meningkatkan asupan nutrisi penduduk. Oleh karena itu, diversifikasi diet adalah metode yang disukai untuk memerangi kelaparan yang tersembunyi.

Jadi setelah mengetahui apa itu hidden hunger, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!