Challenge Menabung Satu Bulan, Berani Mencobanya untuk Hidup Lebih Hemat?

YOGYAKARTA - Menabung sebenarnya adalah aktivitas yang mudah, namun banyak orang masih kesulitan melakukannya. Menabung tidak perlu dalam jumlah banyak, yang penting Anda konsisten dan disiplin menyisihkan uang. Anda bisa mencoba challenge menabung satu bulan untuk mendorong kebiasaan menabung.

Menabung perlu dilakukan oleh setiap orang karena bermanfaat bagi kondisi keuangan di masa mendatang. Menabung bisa menjadi cadangan uang atau dana darurat apabila suatu saat mengalami risiko. Selain itu, menabung juga menjadi langkah untuk mencapai target tertentu seperti ingin berlibur, membeli laptop, dan lainnya. 

Supaya kebiasaan menabung terbentuk dalam diri, Anda perlu melakukan challenge menabung satu bulan. Ada banyak tips tantangan yang bisa Anda lakukan. 

Challenge Menabung Satu Bulan

Menekan Pengeluaran 

Tantangan ini tidak membelanjakan uang untuk apa pun kecuali kebutuhan pokok, seperti makanan dan tagihan selama sebulan penuh. Anda juga dapat melakukan tantangan tanpa pengeluaran selama seminggu atau dua minggu kapan saja sepanjang tahun untuk meningkatkan tabungan Anda.

Hidup Lebih Sehat

Gaya hidup sehat ternyata bisa menekan pengeluaran, sehingga bisa menambah tabungan. Misalnya, jika Anda memulai program penurunan berat badan atau diet. Berhenti merokok juga dapat menghemat uang yang biasanya Anda belanjakan untuk rokok.

Mengurangi Aktivitas Kecil yang Jadi Rutinitas

Tantangan ini bergantung pada melepaskan aktivitas kecil yang jadi rutinitas. Ini bisa termasuk minum kopi setiap hari, memesan makanan online, kecanduan ganti sepatu, dan lainnya. Meski terkesan pengeluaran yang kecil, namun apabila dibiarkan akan membuat keuangan Anda boros. Anda dapat menghentikan semua sifat konsumtif tersebut untuk jangka waktu satu bulan. 

Tidak Membeli Baju Baru

Untuk tantangan ini, Anda akan menghemat uang, waktu, dan lemari yang terlalu penuh. Tantangan tidak membeli baju baru sebenarnya sederhana, tapi sulit dilakukan. Cobalah Anda tidak membeli baju baru selama satu bulan. Dengan begitu Anda bisa lebih hemat dan uangnya bisa untuk menambah tabungan atau menginvestasikanya. 

Jangan Membeli Barang yang Tidak Penting

Anda tidak dapat menghabiskan uang untuk makan di luar, belanja, ngopi di kafei, atau apapun yang sebenarnya tidak terlalu penting. Apa pun yang bukan merupakan tagihan atau kebutuhan harus pikirkan matang-matang sebelum melakukanya. Degan menghindari membeli barang yang tidak dibutuhkan, Anda bisa menghemat lebih banyak uang.

Menjual Barang yang Tidak Penting

Anda akan mencapai titik di mana Anda tidak dapat memotong atau mengubah pengeluaran Anda lagi untuk menghemat uang. Satu-satunya cara Anda dapat meningkatkan tabungan Anda adalah dengan menghasilkan lebih banyak uang.

Ini tidak harus berarti mendapatkan kenaikan gaji atau pekerjaan baru. Anda dapat memulai dari yang kecil dan menjual beberapa barang dari sekitar rumah.

Mengesampingkan Gengsi Membeli Brand Bermerek

Jangan membeli barang bermerek apa pun untuk jangka waktu tertentu. Belilah produk-produk merek biasa atau tidak terkenal yang biasanya menawarkan harga lebih murah. Langkah ini dilakukan dengan cara mengesampingkan gengsi saat memakai suatu produk. Selalu lihat fungsinya saat membeli suatu produk. Jika fungsinya sama maka tidak perlu membeli brand bermerek dengan harga tinggi. 

Menyimpan Koin

Jika Anda kebetulan mendapatkan uang receh, Anda dapat memasukkannya langsung ke celengan dan merasa seperti Anda telah melakukan bagian Anda!

Anda mungkin tidak banyak menabung, tetapi ini adalah langkah kecil yang bagus untuk tantangan penghematan uang berikutnya!

Demikianlah sejumlah challenge menabung satu bulan yang bisa Anda coba. Beberapa challenge diatas memang terlihat sederhana dan mudah, namun Anda biasanya akan kesulitan melakukannya. Kuncinya adalah memiliki niat tinggi dan konsisten. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.