McD Gandeng Kreator Digital untuk Rayakan Imlek di Metaverse

JAKARTA – Jelang hari raya Imlek yang jatuh pada tanggal 22 Januari 2023, perusahaan jaringan makanan cepat saji McDonald’s mengumumkan rencana barunya. McD menggandeng seniman digital Karen X Cheng untuk menghadirkan perayaan Imlek di metaverse.

McD mengumumkan kolaborasinya dengan Cheng pada 12 Januari 2023. Ini merupakan bagian dari kampanye digital inovatif perusahaan yang mencakup empat poin utama, yaitu:

  1. Desain kreatif oleh kreator digital yang berkolaborasi, Cheng, yang mengakui warisan Cina-Amerika-nya.
  2. Filter Instagram augmented reality (AR) yang menggambarkan transisi 3D dari Tahun Macan (2022) ke Tahun Kelinci (2023).
  3. Iklan televisi bertenaga AI yang terinspirasi oleh kenangan Cheng dalam merayakan liburan.
  4. Pengalaman metaverse yang memadukan elemen tradisional Asia dengan pengaruh futuristik dalam ruang virtual.

Melansir DailyCoin, Kampanye ini digambarkan sebagai "masa depan Tahun Baru Imlek" dan memungkinkan siapa pun yang memiliki perangkat yang terhubung untuk mengalami liburan budaya melalui "lensa baru".

Kolaborasi ini menawarkan pengalaman metaverse yang unik dan interaktif, yang memungkinkan pengguna untuk terlibat dengan perayaan Tahun Baru Imlek dengan cara baru. Hal ini berpotensi menjembatani kesenjangan antara tradisi dan teknologi.

Peleburan Budaya dan Teknologi

Kampanye Tahun Baru Imlek McDonald's bertujuan untuk menggabungkan teknologi generasi berikutnya ke dalam budaya McDonald's dengan cara yang dapat diakses oleh komunitas global.

McDonald's memiliki sejarah dalam merayakan budaya dan membantu masyarakat melalui inisiatif seperti program pengembangan generasi muda, sumbangan masyarakat, dan program volunteer. McD melakukan upaya untuk mengenali komunitas Kepulauan Asia Amerika Pasifik (AAPI), di antara kelompok-kelompok lainnya.

McDonald's merayakan acara-acara budaya penting dan berusaha untuk memenuhi kebutuhan siswa AAPI melalui program seperti APA Next. Diluncurkan pada tahun 2021 dengan penekanan pada siswa AAPI, APA Next hanyalah salah satu cara McDonald's menunjukkan komitmennya untuk memastikan AAPI dapat dilihat dan didengar.

Kemitraan Tahun Baru Imlek bukanlah pertama kalinya McDonald's merambah ke ruang Web3. McDonald's mencetak koleksi NFT terbatas McRib di OpenSea pada 1 November 2021, yang saat ini dihargai 100 ETH (sekitar 154.291 dolar AS).