Kernet Truk Sampah Kota Tangerang Jatuh dari Atap Mobil hingga Tewas, Kepala UPT: Sakit, Ditanya Sudah Tak Bisa Jawab

TANGERANG – Seorang kernet truk pengangkut sampah bernama Nur Ali meninggal dunia setelah jatuh dari atap mobil di Jalan KH Hasyim Ashari, Cipondoh, Kota Tangerang, Senin pagi, 16 Januari.

Saksi di lokasi kejadian bernama Tarom mengatakan, korban jatuh dan kepalanya terlebih dahulu membentur aspal jalanan.

“Itu dia jatuh di tengah jalan, kepalanya duluan keluar darah banyak. Jadi dibawa ke pinggir sini (menunjuk pintu gerbang bengkelnya bekerja,” kata Tarom saat ditemui di lokasi, Senin, 16 Januari.

Sementara itu Kepala UPT Pengelolaan Sampah Wilayah Timur Armiga Budiawan mengatakan bahwa korban memiliki penyakit. Namun saat ditanya jenis penyakit apa, Armiga mengaku belum mengetahui lebih jauh.

Armiga menerangkan, awalnya korban naik bagian atas truk pengangkut sampah. Tiba-tiba saat kendaraan itu berjalan, korban terjatuh hingga akhirnya tewas di tempat.

“Kita gak tahu, sudah tidak bisa ditanya. Apakah waktu itu dia sakit, kumat atau mengantuk kita gak tahu,” kata Armiga saat dikonfirmasi, Senin, 16 Januari.

Terkait jatuhnya kernet petugas kebersihan ini, Armiga menjelaskan prosedur kerja bahwa petugas kebersihan itu hanya boleh berada di dalam bak truk dan tidak boleh duduk di atas atap kepala truk.

Akan tetapi, kata dia, karena biasanya isi armada dalam satu truk itu berisi 4-5 orang, maka memang cukup sulit bagi mereka untuk mencari tempat duduk di dalam truk, selain di atas kepala truk pengangkut sampah itu.

"Kalo prosedurnya memang tidak boleh, tetapi kan keadaan yang bikin kita bingung juga mau ditaruh dimana. Kan lima orang nggak muat ditaruh di dalam," ucapnya.

Kanit Laka Lantas Polres Metro Tangerang, AKP Badruzzaman mengatakan, pihaknya langsung mendatangi tempat kejadian perkara (TKP). Jasad korban dibawa RSUD Kabupaten Tangerang.