Dihantam Gelombang Tinggi, Speedboat Mati Mesin di Perairan Maluku Utara

MALUKU - Satu unit spedboat mati mesin di perairan rute Sofifi-Kota Ternate akibat dihantam gelombang tinggi. Evakuasi dilakuakn Basarnas Ternate, Maluku Utara (Malut).

Kepala Basarnas Ternate Fathur Rahman mengatakan, dalam evakuasi itu personel Basarnas mengawal speedboat hingga tiba di Ternate. Seluruh penumpang dalam evakuasi dinyatakan selamat.

Speedboat Tuguwaer dengan tiga mesin tersebut mengalami insiden pada Sabtu 6 Januari. Speedboat itu rusak 2 mesin tidak dapat berjalan karena hanya tersisa satu mesin.

Fathur pun mengimbau kepada masyarakat dan operator speedboat maupun kapal agar tidak memaksakan berlayar saat kondisi gelombang tinggi, angin kencang dan hujan lebat.

Dia juga meminta pemilik kapal speedboat untuk melengkapi prasarana alat keselamatan berlayar seperti life jacket, life craft, life buoy dan membawa penumpang tidak melebihi muatan saat berlayar.

"Kami mengimbau selalu memantau perkembangan cuaca yang dikeluarkan BMKG, apabila mengalami kendala saat berlayar segera hubungi Basarnas atau instansi terkait," ujarnya, disitat Antara, Minggu 8 Januari.

Kepala BPBD Kota Ternate, Muhammad Ihsan Hamzah menambahkan, kondisi cuaca di Malut sedang tidak menentu. BPBD memperkirakan potensi peningkatan kecepatan angin yang berdampak pada meningkatnya tinggi gelombang di wilayah Malut.

Kondisi tersebut juga, lanjut dia, bertepatan dengan fase bulan purnama, sehingga meningkatkan peluang terjadinya banjir pesisir di wilayah Malut.

"Untuk itu, Pemkot Ternate mengimbau kepada seluruh warga yang bertempat tinggal dan beraktivitas di sekitar daerah pesisir pantai atau lokasi yang sekiranya berpotensi terjadi bencana banjir pesisir rob dan gelombang pasang agar selalu waspada apabila terjadi angin kencang dan gelombang tinggi," ujarnya.

Hal tersebut disampaikan Ihsan untuk menindaklanjuti rilis cuaca yang dikeluarkan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (MKG) Stasiun Sultan Baabullah Ternate terkait peringatan dini cuaca wilayah Malut selama 3 hari ke depan terhitung tanggal 6 hingga 09 Januari 2023.