Rombongan Bawaslu Nyaris Tenggelam di Perairan Sidangoli Jika Tak Diselamatkan Speedboat Setan Merah
Speedboat rute Sidangoli-Ternate angkut rombongan Bawaslu Ternate tenggelam saat dalam perjalanan, Selasa (31/10/2023). ANTARA/Abdul Fatah

Bagikan:

TERNATE - Basarnas Ternate menyelamatkan penumpang speedboat Al Fatih A7 yang dilaporkan tenggelam saat dalam perjalanan dari Sidangoli menuju Ternate.

Mengutip Antara, Kepala Basarnas Ternate Fathur Rahman mengatakan, setelah menerima laporan pukul 17.10 WIT, Selasa 31 Oktober, tim Basarnas menuju lokasi kejadian tenggelamnya speedboat.

Para penumpang yang terdiri dari lima orang dan dua orang ABK tersebut ternyata rombongan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Ternate, satu di antaranya menjabat Sekretaris Bawaslu.

Fathur menjelaskan, kronologi berawal dari speedboat Al Fatih A7 mengalami kebocoran dan tenggelam di perairan Sidangoli, Maluku Utara, pada Selasa 31 Oktober, sekitar Pukul 16.45 WIT. Para korban kemudian meminta bantuan SAR.

Tim Basarnas speedboat Setan Merah yang sedang melintas di lokasi kejadian kemudian merespons bantuan SAR setelah mendapat informasi dari KSOP Ternate. Evakuasi pun berjalan lancar, seluruh korban dinyatakan selamat.

Seluruh korban berada di pelabuhan speed Masjid Raya Al-Munawar Ternate pukul 17.45 WIT. Selajutnya mereka kembali ke rumah masing-masing.

Sebelumnya, Basarnas Ternate juga berhasil mengevakuasi speedboat berpenumpang mengalami mati mesin di tengah perjalanan dan hanyut ke perairan Sidangoli.

Speedboat itu berangkat dari Sofifi menuju Ternate, di tengah perjalanan mengalami mati mesin.