Transportasi Masa Depan yang Bikin Hidup Manusia Makin Mudah

YOGYAKARTA - Seperti apa transportasi masa depan? Seiring kemajuan teknologi, perubahan dramatis pada transportasi perkotaan akan terjadi di jalan dan langit kita. Sementara beberapa dari ide ini tampak bertahun-tahun cahaya, seperti taksi terbang dan pod yang mengangkut penumpang dengan kecepatan 600 mil per jam, banyak dari ide transformatif ini sudah dalam desain, dalam pengujian, atau hanya beberapa langkah regulasi dari kenyataan.

Saat dunia transportasi berkembang, kita dihadapkan pada pertanyaan besar. Siapa yang akan bertanggung jawab untuk membayar tabrakan yang melibatkan mobil tanpa pengemudi? Apakah itu perusahaan asuransi mobil pengemudi atau asuransi pabrikan? Sampai sekarang, perusahaan mobil telah membayar tagihan untuk kecelakaan sehingga penelitian dan pengembangan tidak melambat, tetapi kemungkinan akan berubah begitu mobil tanpa pengemudi menjadi arus utama.

Di bawah ini, kami melihat tren teknologi yang muncul ini dan perubahan sosial yang mungkin ditimbulkannya. Langsung ke infografis atau selami lebih dalam masalah yang coba dipecahkan oleh teknologi ini dengan membuat transportasi lebih aman dan terjamin.

Transportasi Masa Depan

Ilustrasi Mobil Masa Depan (Unsplash)

 

Inovasi dalam transportasi dapat meningkatkan kehidupan kita dengan mengurangi stres, kecemasan, biaya, dan kematian. Berikut enam inovasi transportasi yang sudah direkayasa:

Taksi terbang

Metode transportasi udara ini sudah dibuatkan prototipenya oleh setidaknya 20 perusahaan. Taksi terbang akan memindahkan penumpang di atas kota dengan pesawat kecil. Harapannya adalah taksi terbang ini akan memberikan tumpangan yang aman dan dengan harga terjangkau (seperti $70 dari Manhattan ke Bandara Internasional Kennedy) yang tidak mengganggu orang-orang di bawah.

Tantangan terbesar yang dihadapi taksi terbang adalah biaya dan regulasi. Membangun pesawat yang aman dan tahan lama dengan biaya yang masuk akal tidak mungkin mengingat tren pasar seperti sekarang dan proses regulasi yang panjang masih menunggu dengan Otoritas Penerbangan Federal.

Mobil tanpa pengemudi

Saat ini dalam tahap pengujian, masa depan mobil tanpa pengemudi tampaknya tak terhindarkan meskipun ada keraguan dari konsumen. Penolakan datang dari pertanyaan seputar keselamatan dan peraturan. Sistem autopilot Tesla sudah hidup tetapi telah dilaporkan beberapa kecelakaan, meskipun Tesla telah menyatakan bahwa "peristiwa seperti kecelakaan" masih jauh lebih mungkin terjadi dengan autopilot dimatikan. Audi, Uber, dan Volkswagen juga sedang dalam perjalanan dan menjadi berita utama untuk kendaraan tanpa pengemudi mereka.

Pengemudi yang terganggu adalah penyebab utama kematian di jalan raya AS, dan mobil tanpa pengemudi berharap untuk menghilangkan ini seluruhnya dengan menggunakan robot daripada manusia untuk mengoperasikan kendaraan. Mobil tanpa pengemudi juga akan dirancang untuk mengurangi risiko dan mengurangi insiden ngebut. Tapi mobil-mobil ini muncul dengan harga yang lumayan – biaya yang diantisipasi melebihi 100.000 dolar AS. Beberapa kemunduran lainnya termasuk masalah privasi, pertanyaan etis, konsekuensi hukum, dan banyak lagi.

Kereta Maglev

Kereta berkecepatan tinggi ini menggunakan levitasi magnetik dari elektromagnet yang kuat untuk menempuh kecepatan tinggi dengan lebih sedikit kebisingan dan getaran daripada kereta tradisional. Mereka juga cenderung mengalami penundaan karena cuaca dan mekanik karena penurunan getaran dan gesekan.

Karena kereta maglev tidak ditenagai oleh bahan bakar fosil, mereka juga lebih baik untuk lingkungan. "Mesin" adalah medan magnet yang dibuat dengan menggabungkan kumparan listrik di dinding jalur pemandu dan lintasan, yang menyebabkan kereta bergerak maju.

Pada 2018, ada enam jalur maglev yang beroperasi untuk kepentingan umum. Semua jalur ini beroperasi di luar Asia tetapi diperkirakan kereta maglev akan meluas ke AS paling cepat tahun 2020. Kereta maglev AS pertama akan menghubungkan Washington D.C. dan Baltimore, lalu memperluas rutenya ke New York.

Drone pengiriman

Drone UPS pertama mengirimkan obat resep ke rumah-rumah di AS pada bulan Oktober setelah menerima sertifikasi dari Administrasi Penerbangan Federal. Ini adalah pembatasan pengiriman drone paling sedikit yang diterima hingga saat ini, yang berarti bahwa FAA kemungkinan sedang bersiap untuk gagasan pengiriman komersial skala penuh.

Meskipun teknologinya sudah ada di sini, drone masih memiliki cara untuk melewati fase regulasi sebelum diluncurkan untuk pengiriman komersial skala penuh. Saat ini, UPS terbatas pada pengiriman di pedesaan dan kampus rumah sakit. Karena drone memang menimbulkan risiko terhadap kehidupan dan properti, mereka perlu membuktikan keandalan jangka panjang sebelum menjadi "bersertifikat tipe" oleh FAA dan regulator internasional serupa.

Hyperloop

Elon Musk menyusun konsep transportasi lain yang disebut hyperloop, yaitu tabung transportasi yang akan menjalankan sekelompok penumpang atau barang melalui jalur bertekanan. Hyperloop akan berjalan dengan kecepatan tinggi 600 mph atau lebih.

Banyak perusahaan bekerja untuk mewujudkan visi ini, dan kita dapat melihat hyperloop layanan penumpang paling cepat tahun 2021.

Jalan bawah tanah

Elon Musk menata ulang desain jalan tradisional dengan idenya tentang jalan bawah tanah. Visi futuristik ini bertujuan untuk menyelesaikan masalah infrastruktur kota dengan membuat jalan 3D. Musk percaya membawa mobil ke bawah tanah – yang menurutnya lebih tahan cuaca daripada membawa mobil ke langit – akan mengurangi kemacetan dan mempercepat transportasi.

The Boring Company sedang mencari cara untuk membuat sistem terowongan yang akan dibutuhkan untuk mendukung jalan raya bawah tanah. Rencananya adalah menurunkan mobil di bawah tanah melalui lift logam dan kemudian mengangkutnya dengan kecepatan tinggi ke tujuan lain. Terowongan bawah tanah akan berjalan pada platform seperti troli logam yang diharapkan Musk hemat biaya dan cepat.

Mengapa transportasi berkembang?

Tantangan kemanusiaan dan kemajuan teknologi memimpin gelombang inovasi transportasi di seluruh dunia. Isu-isu seperti kepadatan penduduk, perubahan iklim, dan ketidaksetaraan kekayaan membuat kemajuan ini sangat menarik bagi kota dan perusahaan, meskipun banyak tantangan peraturan dan logistik yang dibawa oleh ide-ide baru ini.