Karakter Seorang Entrepreneur: Lakukan Cara Ini Kalau Pengen Serius Jadi Pengusaha

YOGYAKARTA - Sebelum jauh membahas karakter seorang entrepreneur, apakah anda sudan bekerja sembilan sampai malam selama bertahun-tahun? Tetapi Anda merasa seperti berhenti tumbuh.

Anda berterima kasih kepada orang-orang yang membantu Anda tumbuh, tetapi Anda ingin menggunakan keahlian Anda dalam usaha bisnis Anda sendiri. Anda tahu bahwa Anda memiliki karakteristik kewirausahaan, tetapi Anda mungkin tidak tahu harus mulai dari mana.

Memulai sebuah perusahaan dapat mengintimidasi. Anda mungkin perlu mengambil pinjaman, menyewakan properti komersial, atau mempekerjakan staf. Detailnya bisa terasa luar biasa.

Konon, orang yang tepat akan berkembang di lingkungan ini. Mereka memiliki jiwa kewirausahaan yang diperlukan untuk mewujudkannya. Mereka akan merasa lebih damai menjalankan perusahaan mereka sendiri daripada bekerja di kantor.

Apa itu pengusaha? Pengusaha adalah seseorang yang bersemangat dan inovatif yang menciptakan bisnis baru. Bisnis mereka tidak perlu menemukan kembali roda, kafe lingkungan favorit Anda adalah bisnis juga, tetapi dibutuhkan pola pikir kewirausahaan untuk mewujudkan ide mereka.

Kewirausahaan adalah tentang mengejar peluang. Ini tentang mencari area untuk menyediakan layanan atau produk baru yang mungkin dibutuhkan publik. Ini juga tentang mengambil inisiatif untuk mewujudkan ide Anda.

Sebagai contoh, pada tahun 1970-an, Steve Jobs memperhatikan bahwa komputer sangat populer di kalangan penghobi tetapi tidak dapat diakses oleh konsumen pada umumnya. Dia melihat pasar yang belum dimanfaatkan dengan potensi besar, dia hanya perlu membuat produk yang ramah pengguna. Dari komputer Apple 1 hingga iPod, dia melakukan hal itu. Perusahaannya menjadi salah satu bisnis paling menguntungkan di dunia.

Pada intinya, pengusaha adalah individu yang memulai bisnis. Namun, pada level yang lebih dalam, mereka juga adalah orang-orang yang berinovasi. Mereka melihat tantangan dan memikirkan cara-cara kreatif untuk mengatasinya. Mereka memiliki keinginan untuk keluar jalur. Pengusaha mengisi masyarakat dengan ide-ide baru dan terus menyegarkan dan merevitalisasi yang lama.

Ketika kita memikirkan seorang pengusaha, kita mungkin memikirkan nama-nama besar seperti Henry Ford atau Bill Gates. Tetapi Anda tidak perlu menemukan perusahaan Fortune 500 untuk berjalan di posisi mereka. Sebaliknya, ini tentang pola pikir. Seseorang yang memulai bisnis merasa nyaman dengan ketidaknyamanan. Mereka menghargai kemandirian mereka, dan mereka merencanakan masa depan.

Karakter Seorang Entrepreneur

Ilustrasi Kebiasaan enterpreneur (Unsplash)

Motivasi

Pengusaha pada dasarnya termotivasi. Lagi pula, mereka menghabiskan waktu berjam-jam untuk memulai usaha mereka dan menginvestasikan uang dalam jumlah besar - kadang-kadang semua yang mereka miliki - untuk mengejar impian mereka. Mereka melakukan semua ini dengan mengetahui bahwa perlu waktu berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun bagi mereka untuk mungkin menuai hasil kerja mereka. Dan terlepas dari kerja keras mereka, mereka tahu bahwa ada kemungkinan semangat dan usaha kewirausahaan mereka tidak akan dihargai dengan kesuksesan materi. Namun mereka menolak untuk menyerah pada rasa takut akan kegagalan. Jadi, motivasi yang kuat, belum lagi fokus baja, diperlukan untuk bertahan dalam usaha jangka panjang.

Bergairah

Gairah adalah karakteristik lain dari pengusaha. Sementara gaji yang bagus di ujung terowongan bagus untuk motivasi, pengusaha sukses cenderung lebih didorong oleh hasrat untuk penawaran mereka serta oleh keinginan untuk membuat perbedaan. Gairah atau dorongan ini juga membantu mempertahankan wirausahawan selama periode di mana keputusasaan mungkin muncul dengan sendirinya.

Penglihatan

Pengusaha terbaik memiliki visi tentang apa yang ingin mereka capai, bagaimana mereka dapat mencapai tujuan mereka, dan siapa yang mereka butuhkan untuk mencapai tujuan mereka. Visi mereka yang berorientasi pada tujuan bertindak seperti kompas yang mengarahkan mereka ke arah peluang yang mungkin belum ditemukan orang lain. Mereka juga memiliki kemampuan untuk menerjemahkan visi mereka dengan cara yang dapat dipahami oleh staf dan investor. Melalui peluang jaringan, wirausahawan dapat menemukan orang yang ingin mereka selaraskan.

Kepercayaan diri

Tanpa rasa percaya diri atau percaya diri, pengusaha tidak mungkin berhasil. Mereka harus percaya diri baik pada diri mereka sendiri maupun pada produk atau layanan yang mereka jual. Jika mereka percaya pada diri mereka sendiri, mereka akan memiliki kemampuan untuk tetap berada di jalur terlepas dari kesulitan atau keputusasaan. Dapatkan. Mereka juga berani mengambil risiko — lagipula, mereka percaya bahwa mereka akan berhasil.

Pengambilan Keputusan

Mampu mengambil keputusan dengan cepat merupakan karakteristik penting bagi wirausahawan karena dapat menjadi pembeda antara sukses dan gagal. Pengusaha sukses tidak hanya perlu memiliki keterampilan pengambilan keputusan yang baik, tetapi juga harus memiliki kemampuan untuk mengambil keputusan dengan cepat agar tidak kehilangan peluang. Hal ini memerlukan cepat mempertimbangkan fakta-fakta dan kemudian memutuskan.

Apakah setiap orang bisa menjadi pengusaha?

Ya! Tapi tidak semua orang harus menjadi pengusaha. Dibutuhkan pola pikir dan tekad khusus untuk menjadi pengusaha sukses. Beberapa pengusaha mungkin juga membutuhkan pendidikan atau tingkat pengalaman tertentu.

Apa yang membuat pengusaha sukses?

Seperti yang Anda lihat, pasti ada beberapa karakteristik dan ciri utama kewirausahaan. Sebagai seorang pemimpin di perusahaan Anda, Anda dapat menggunakan sifat-sifat ini untuk melakukan tugas Anda dengan lebih cakap dan percaya diri. Apakah pengusaha dilahirkan atau dibuat, ternyata, bukanlah pertimbangan utama. Yang benar-benar penting adalah bahwa para pemimpin mengawal atau mengembangkan karakteristik dan keterampilan yang unggul dari seorang wirausahawan.

Jadi setelah mengetahui karakter seorang entrepreneur, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!