Ada Perlakuan Khusus untuk Susilo Bambang Yudhoyono dalam Pernikahan Kaesang dan Erina

JAKARTA - Presiden Republik Indonesia ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) hadir memenuhi undangan resepsi pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono di Pura Mangkunegaraan, Solo pada Minggu malam 11 Desember 2022.

Bersama dengan SBY, turut pula hadir kedua anaknya, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) yang membawa serta istrinya masing-masing, Annisa Pohan dan Aliya Rajasa.

Saat mendapat kesempatan untuk maju ke atas pelaminan, SBY mendapat perlakuan khusus dengan diberi kesempatan lebih leluasa untuk bersalaman dengan mempelai beserta orang tuanya.

Pertama-tama SBY menyalami Jokowi, kemudian dilanjutkan dengan Iriana. Setelah itu, ia menyalami Kaesang dan Erina, dan terakhir menyalami ibu Erina, Sofiatun Gudono dan kakak Erina, Allen Gudono.

Kaesang ketika berhadapan dengan SBY nampak memperlakukan Presiden RI ke-6 itu dengan cara yang cukup jauh berbeda ketimbang tamu lainnya. Adik dari Wali Kota Solo itu menunduk dan mencium tangan SBY ketika bersalaman. Menariknya, apa yang dilakukan Kaesang diikuti oleh istrinya.

Setelah selesai bersalaman dengan kedua pengantin beserta orang tuanya, SBY tampak diminta oleh panitia untuk berdiri di sisi kanan Kaesang dan melakukan sesi pemotretan.

SBY sendiri merupakan sosok yang paling menarik perhatian dalam resepsi tersebut. Ia menerima undangan yang langsung diberikan oleh Kaesang, dan tidak butuh waktu lama bagi SBY untuk menyatakan kesediaannya

SBY sendiri memiliki kenangan yang baik dengan putra bungsu Jokowi itu. Ketika Ani Yudhoyono meninggal di Singapura pada 2019, Kaesang yang juga sedang berada di Singapura dan mengetahui kabar tersebut, memutuskan untuk datang dan mendoakan jenazah almarhumah.