Beri Sanjungan ke Menteri PUPR, Sri Mulyani: Bapak Pembangunan Sebenarnya, Membangun Peradaban

JAKARTA – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menyampaikan sanjungan kepada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono yang dinilai sangat cakap dalam melakukan pembangunan infrastruktur di Indonesia.

Menurut dia, Menteri Basuki menjadi sosok terdepan yang mewakili pemerintah dalam menyelenggarakan pengembangan sejumlah sarana dan prasarana di seluruh wilayah nusantara.

“Pak Bas (sapaan akrab Menteri Basuki) adalah bapak pembangunan Indonesia yang sebenarnya,” ujarnya ketika menyampaikan pidato dalam acara serah terima hibah barang milik negara (BMN) Kementerian PUPR, Rabu, 7 Desember.

Menkeu mengungkapkan, Menteri Basuki telah menjalankan tugasnya dengan baik dengan terus memacu pembangunan sejak awal tahun. Inisiatif tersebut disebut bendahara negara perlu ditiru oleh berbagai kementerian/lembaga maupun pemerintah daerah (pemda) guna mempercepat penyerapan anggaran.

“Pak Bas selalu menggunakan anggarannya secara cepat bahkan sejak awal tahun. Ini penting untuk bisa terus mengejar keterserapan belanja,” tuturnya.

Sebagai informasi, realisasi pagu anggaran Kementerian PUPR per 23 Agustus 2022 adalah sebesar Rp47,7 triliun. Angka ini setara 41 persen dari total anggaran Rp116,3 triliun dengan progres fisik sebesar 46,9 persen.

“Melakukan pembangunan yang berkelanjutan berarti kita juga membangun peradaban dan ini dilakukan dengan baik oleh Pak Bas,” kata Menkeu Sri Mulyani.