Lelah Mengejar Karier? Coba Career Break Sejenak dan Rasakan Manfaatnya

JAKARTA - Setelah mengejar karier bertahun-tahun, pasti Anda pernah merasa jenuh dan lelah. Keinginan untuk istrahat sejenak dari kesibukan dalam bekerja pun tersirat dalam pikiran. Tapi, ada keraguan karena takut semua perjuangan yang Anda lalui hingga mencapai posisi di kantor akan terbuang percuma jika berhenti sekarang.

Tenang, Anda bukanlah satu-satunya yang punya keinginan melakukan career break. Bahkan dikutip dari CNet, hasil survei LinkedIn pada Januari 2022, sekitar 67 persen posting career break yang muncul di halaman LinkedIn datang dari para wanita karier. 

Jadi, mengambil career break merupakan tindakan yang umum terjadi. Dalam artikel di laman Fairy God Boss, Rabu, 7 Desember, pun disebutkan kalau istirahat sejenak dari mengejar karier memiliki banyak manfaat, diantaranya:

Mencegah Anda untuk terlalu ambisius

Punya ambisi memang penting, tapi kalau terlalu berambisi bisa berbahaya. Karena biasanya orang yang ambisius akan melakukan berbagai cara mendapatkan keinginannya. Anda jadi menganggap semua orang yang tidak sepaham dengan Anda adalah ancaman. Sehingga Anda jadi bereaksi negatif, meskipun Anda sadar orang tersebut benar.

Memiliki waktu memperluas jaringan

Jika Anda sudah lama bekerja di bidang yang sama, career break adalah waktu yang tepat memperbaharui dan memperluas jaringan Anda. Bahkan bagi mereka yang kurang tertarik memperluas jaringan, melakukan sesuatu yang baru atau bergabung dengan organisasi atau komunitas baru biasanya menawarkan cara alami bertemu orang. Siapa tahu, salah satu teman baru Anda bisa mengarah Anda ke karier baru.

Memiliki ruang menentukan arah masa depan

Career break memberi Anda waktu jauh dari tuntutan dan rutinitas rutin Anda untuk mencari tahu apa yang benar-benar ingin Anda lakukan selanjutnya dalam hidup. Mungkin sulit untuk membuat keputusan itu saat terlibat penuh dalam karier. Jarak dan perspektif yang ditawarkan selama career break. Serta kesempatan untuk mencoba pilihan pekerjaan lainnya, memungkinkan Anda mengevaluasi ulang secara efektif.

Mendapatkan perspektif baru

Meluangkan waktu melakukan sesuatu yang berbeda dapat memberi Anda perspektif baru tentang karier atau bidang Anda. Baik secara umum memperluas wawasan, mendapatkan wawasan spesifik dari pekerjaan lain, atau hanya memiliki kesempatan untuk berefleksi. Career break dapat menjadi katalis yang sempurna untuk mengkalibrasi ulang sudut pandang Anda. 

Ini bisa menguntungkan siapa saja yang telah menghabiskan waktu lama di bidang pekerjaan atau perusahaan yang sama. Ada kemungkinan besar Anda akan kembali ke karir lama dengan ide-ide baru atau mungkin menemukan rute yang sama sekali berbeda untuk diambil.

Mendapatkan skill baru

Banyak orang mengambil career break khusus untuk mendapatkan kualifikasi dan keterampilan baru. Beberapa orang ada yang mengikuti program pendidikan atau pelatihan formal dan yang lain mengambil pekerjaan berbayar di luar bidang reguler mereka. Jika memungkinkan, pilih peluang yang akan memberi Anda persiapan terbaik untuk kembali bekerja.