Punya Beban Besar Pimpin Turnamen Internasional, Berapa Gaji Wasit Piala Dunia 2022?

YOGYAKARTA – Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) menganggarkan dana hingga miliaran rupiah untuk membayar gaji wasit Piala Dunia 2022.

Besarnya dana yang dikeluaarkan FIFA untuk gaji wasit merupakan hal yang wajar, mengingat turnamen-turnamen besar, seperti Piala Dunia selalu dipimpin oleh wasit yang memiliki jam terbang tinggi.

Lantas, berapa gaji wasit di Piala Dunia Qatar 2022? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

Gaji Wasit Piala Dunia 2022

Dikutip VOI dari laman en.as, Minggu, 4 Desember 2022, sejak Piala Dunia 2018, badan manajerial Piala Dunia FIFA telah mengatur bahwa setiap wasit pertandingan bakal mendapatkan gaji pokok sebesar 70 ribu dolar AS atau setara Rp1,09 miliar dalam keterlibatannya di Piala Dunia.

"FIFA juga menetapkan bahwa setiap asisten wasit akan mengambil 25 ribu dolar AS atau setara Rp392 juta untuk partisipasi mereka di Piala Dunia untuk pertama kalinya dalam sejarah kompetisi ini," demikian bunyi laporan en.as.

Secara lebih rinci, berikut besaran gaji yang diterima wasit di Piala Dunia Qatar 2022:

1. Gaji Wasit Utama Piala Dunia 2022

Menyadur AS Sports, gaji wasit utama di Piala Dunia 2022 dibagi menjadi dua kategori, yaitu pada fase grup dan babak gugur.

Pada fase grup, wasit utama akan mendapat gaji sebesar 3 ribu dolar AS atau Rp46 juta per laga. Sedangkan pada babak gugur, wasit yang memimpin laga bakal mendapat kompensasi sebesar 10 ribu dolar AS atau Rp154 juta setiap pertandingan.

Pada gelaran piala Dunia 2022 kali ini, FIFa mempekerjakan 36 wasit utama. Artinya, setiap wasit, hanya terlibat dalam dua pertandingan saja.

2. Gaji Asisten Wasit Piala Dunia 2022

Gaji asisten wasit Piala Dunia 2022 untuk fase gugur sebesar 2500 dolar AS atau Rp38 juta. Selanjutnya, pada babak knock out, asisten wasit akan mendapat bayaran 5 ribu dolar AS atau Rp77 juta.

Di piala Dunia Qatar, FIFA mengontrak 69 asisten wasit. Dengan demikian, FIFA mengeluarkan 150 ribu dolar AS atau sekitar Rp2,3 miliar untuk membayar asisten wasit saja.

Gaji asisten wasit sama besarnya dengan wasit cadangan atau wasit keempat (fourth official).

3. Gaji Wasit Keempat Piala Dunia 2022

Wasit keempat merupakan orang yang mengawasi prosedur pergantian pemain dan memeriksa peralatan pemain atau pemain pengganti.

Gaji yang diterima wasit keempat sama dengan asisten wasit, yakni 2.500 dolar AS atau Rp38 juta untuk babak penyisihan grup. Sedangkan untuk babak knock out, wasit keempat akan mendapat bayaran 5000 dolar AS atau Rp77 juta.

4. Gaji Wasit VAR

Pada Piala Dunia 2022, FIFA juga merekrut wasit VAR (ideo Assistant Referee) yang bertugas membantu membantu wasit utama untuk mengevaluasi jalannya keseluruhan pertandingan jika ada sebuah pelanggaran.

Di Piala Dunia 2022, Wasit VAR mendapatkan gaji sebesar 3 ribu dolar AS atau Rp46 jita per laga. Di tahap akhir turnamen, gaji wasit VAR meningkat menjadi 5 ribu dolar AS atau Rp77 juta.

Demikian informasi seputar gaji wasit Piala Dunia 2022. Untuk mendapatkan berita paling up to date, simak terus VOI.id.