Ahli Saraf dari Harvard Dikutuk karena Penilitiannya Merobek dan Menjahit Mata Anak Monyet

JAKARTA – Seorang ahli saraf dari Universitas Harvard  dikutuk oleh publik karena penelitian yang melibatkan anak monyet yang baru lahir dari ibunya. Ia merobek dan menjahit kelopak mata anak monyet itu untuk mempelajari gangguan penglihatan.

Penelitian, yang dilakukan pada tahun 2016 dan 2020, adalah bagian dari pekerjaan Margaret Livingstone yang katanya dibangun di atas ilmu pemenang Hadiah Nobel, untuk 'membantu menyelamatkan jutaan anak dari kehilangan penglihatan.'

Para ilmuwan, hak-hak hewan aktif dan publik menyebut praktik itu sebagai tidak etis dan kejam. Bahkan mereka  menuntut studi Livingstone dihapus dari jurnal dan laboratorium terakreditasi di Universitas Harvard harus ditutup.

Livingstone menolak berkomentar tentang masalah ini ketika ditanya oleh DailyMail.com, tetapi membagikan pernyataan publik di mana dia mengecam serangan itu. Ia menyatakan  bahwa labnya 'tidak melakukan penutupan kelopak mata sejak dua kasus terisolasi pada tahun 2016. Dia juga menyatakan bahwa metode tersebut selama ini tetap menjadi protokol rutin di seluruh laboratorium penelitian yang mempelajari gangguan penglihatan.

Ahli primata Universitas St. Andrews, Catherine Hobaiter, yang mengatakan kepada Science.org bahwa dia ngeri dengan metode ini. Dia, mengirim surat ke Prosiding National Academy of Sciences (PNAS) yang ditandatangani oleh lebih dari 250 peneliti perilaku hewan, mahasiswa pascasarjana, dan postdocs,  yang memintanya untuk menarik kembali publikasi terbaru Livingstone berjudul 'Pemicu Cinta ibu.' (Triggers for Mother Love)

Studi tersebut membawa kembali ingatan tentang bayi monyet Britches yang diselamatkan dari University of California, Riverside pada tahun 1985.

Monyet itu dipindahkan bersama 700 hewan dalam serangan di lembaga itu, tetapi anggota Front Pembebasan Hewan menemukan Britches memiliki perangkat sonar yang terpasang di kepalanya yang melepaskan pekikan bernada tinggi setiap beberapa menit dan perban melilit matanya. Ketika perban dilepas, para pendukung hewan menemukan matanya telah dijahit dan tertutup.

Katherine Roe, mantan psikolog eksperimental yang mempelajari perkembangan otak pada anak-anak dan sekarang menjabat sebagai kepala kemajuan dan penjangkauan sains di PETA, mengirim surat ke Harvard dan dua lembaga NIH.

Roe percaya bahaya yang ditimbulkan pada hewan 'lebih besar daripada manfaat potensial bagi kesehatan manusia atau hewan.'

Surat itu terus menyoroti metode Livingstone yang mencakup melakukan operasi pada bayi 'sehingga tiang kepala dapat ditempelkan ke tengkorak atau gulungan mata mereka 3 dan/atau beberapa susunan elektroda intrakranial dapat ditanamkan.

“Untuk beberapa percobaan, kepala mereka diimobilisasi menggunakan helm, tali dagu, dan palang gigit, dan dalam beberapa percobaan monyet dibunuh dan dibedah,” tulisnya.

Dalam pernyataan Livingstone, bagaimanapun, dia mencatat bahwa pada tahun 2016 mereka melakukan dua prosedur penutupan kelopak mata yang dapat dibalik pada kera menggunakan jahitan yang dapat larut, seperti yang dijelaskan dalam literatur peer-review.

“Prosedur ini juga dilakukan pada anak-anak manusia dan bayi dengan tumor mata tertentu atau untuk mengobati infeksi mata invasif,” ucapnya. “Ahli bedah anak memberi anak-anak ini anestesi dan obat penghilang rasa sakit.”

“Kami melakukan hal yang sama dengan bayi kera kami untuk memastikan mereka tidak mengalami rasa sakit,” tambah Livingstone.

Dia juga mengemukakan fakta bahwa karya 2016 dibangun di atas sains pemenang Hadiah Nobel yang  telah digambarkan sebagai lompatan kuantum dalam pemahaman kita tentang bagaimana otak 'melihat.

Studi Livingstone 2019 'Proto-organisasi peta tubuh pada kera yang baru lahir' berbunyi: 'Dua monyet yang dipelihara dengan tangan (M5 dan M6) dibesarkan dalam kondisi kekurangan bentuk visual melalui penjahitan kelopak mata untuk tahun pertama. Eksperimen dilakukan pada 2 monyet ini setelah kelopak mata dibuka kembali.”

Studi ini dan makalah tahun 2020 ini juga memicu kemarahan di Twitter, saat banyak pengguna menyerukan agar lab Livingstone di Harvard ditutup.