Eks Wali Kota Solo Mulai Diklarifikasi PDIP Buntut Dukungan ke Ganjar

JAKARTA - Eks Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo memenuhi panggilan permintaan klarifikasi DPP PDI Perjuangan (PDIP), Rabu, 26 Oktober. Ketua DPC PDIP Kota Solo itu akan dimintai keterangan usai memberikan dukungan ke Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo maju di Pilpres 2024.

Rudy tiba di Gedung DPP PDIP pada pukul 10.15 WIB. Adapun permintaan klarifikasi dilakukan pada pukul 11.00 WIB dan masih berlangsung hingga saat ini.

Dari foto yang beredar, Rudy tampak menggunakan baju kemeja partai berwarna merah. Dia dimintai klarifikasi di salah satu ruang rapat di kantor partai oleh Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dan Ketua Dewan Kehormatan PDIP Komarudin Watubun.

Sebelum permintaan klarifikasi dilakukan, Rudy sempat berbincang singkat dengan Hasto. "Gimana Mas. Sehat?," tanya Hasto.

"Sorry terlambat. Karena terima tamu dulu. Klarifikasi yang lain. Buka saja maskernya," lanjut Hasto.

Sementara Komarudin sempat bicara tentang ketepatan waktu karena terbiasa dengan protokoler. Menjawab itu, Rudy bilang dia memang sudah terbiasa taat.

"Kalau saya taat dan patuh," ungkapnya.

FX Rudy menyatakan dukungannya terhadap Ganjar jika kader PDIP itu ditunjuk jadi capres di Pilpres 2024. Dia bahkan siap menerima akibat dari sikap politiknya itu.

Atas pernyataannya, Dewan Kehormatan DPP PDIP memanggil FX Rudy. Penyebabnya, partai berlambang banteng ini telah melarang seluruh kadernya memberikan dukungan bagi nama tertentu untuk maju di Pilpres 2024.

Nantinya, pengumuman soal capres akan disampaikan langsung oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri yang merupakan pemegang mandat berdasarkan Kongres ke-V PDIP. Nama calon yang diusung akan disampaikan pada momentum yang tepat.