23 RT di Jakarta Tergenang Akibat Hujan Lokal dan Luapan Kali Ciliwung

JAKARTA - Sebanyak 23 RT di Jakarta tergenang akibat hujan yang terjadi sejak kemarin hingga pagi ini dan ditambah dengan luapan aliran air Kali Ciliwung.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI mencatat, pada pukul 09.00 WIB, RT yang tergenang tersebut berada di Jakarta Timur dengan 22 RT dan Jakarta Barat dengan 2 RT yang tergenang.

"RT yang tergenang di Jakarta Timur diakibatkan curah hujan tinggi ditambah luapan Kali Ciliwung. Sementara, di Jakarta Barat akibat curah hujan tinggi," kata Kapusdatin BPBD DKI, M Insaf dalam keterangannya, Senin, 7 Desember.

Insaf menjelaskan, RT yang tergenang di Jakarta Timur berada pada 10 RT Kelurahan Kampung Melayu dengan ketinggian air mencapai 60 sentimeter.

Kemudian, 7 RT di Kelurahan Bidara Cina dengan ketinggian air mencapai 20 sentimeter, dan 5 RT di Kelurahan Kampung Melayu dengan ketinggian air mencapai 80 sentimeter.

Sementara, 1 RT di Jakarta Barat berada di Kelurahan Kedoya Utara dengan ketinggian air mencapai 30 sentimeter. Penyebabnya bukan karena luapan Kali Ciliwung, melainkan curah hujan tinggi.

"Sampai saat ini, belum ada pengungsi yang berada di pos pengungsian. Selain itu, sudah tidak ada jalan raya yang tergenang," ungkapnya.

Seperti diketahui, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi terdapat potensi peningkatan pertumbuhan awan-awan hujan diatas wilayah Indonesia, termasuk DKI Jakarta dalam sepekan ke depan.

Peningkatan potensi pertumbuhan awan ini dapat disebabkan oleh kondisi dinamika atmosfer yang tidak stabil serta aktifnya fenomena Madden Julian Oscillation (MJO), gelombang Rossby Ekuatorial, dan gelombang Kelvin di wilayah Indonesia.

Selain itu, adanya pusaran angin (sirkulasi siklonik) yang terpantau di beberapa tempat yang dapat mendorong terbentuknya daerah pertemuan/perlambatan kecepatan angin (konvergensi).

Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG memprakirakan dalam periode sepekan ke depan  curah hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berpotensi terjadi di beberapa wilayah.