Klasemen Kualifikasi Piala Asia U-20 2023: Indonesia Duduki Puncak, Vietnam Kedua

JAKARTA - Timnas nasional Indonesia U-20 berhasil menempati puncak klasemen sementara Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 setelah menjalani dua pertandingan.

Skuad asuhan Shin Tae Yong itu berhak naik ke tempat teratas usai menang 5-1 atas Hong Kong di laga kedua di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jumat, 16 September malam WIB.

Marselino Ferdinan memborong dua dari kelima gol kemenangan itu, masing-masing di menit ke-86 dan penalti di menit ke-90. Sementara itu, tiga gol lain dijaring oleh Rabbani Tasnim, Alfriyanto Nico, dan Zanadin Fariz.

Tiga poin membuat skuad Garuda menggeser Vietnam dari posisi teratas meskipun poin dan selisih gol sama. Sejauh ini kedua tim mengoleksi sama-sama enam poin, mencetak sembilan gol, dan cuma kebobolan satu.

Meski demikian, Indonesia U-20 berhak berada di tempat tertinggi karena unggul poin kedisiplinan. Poin disiplin ini dihitung berdasarkan jumlah kartu kuning yang diterima oleh masing-masing tim.

Saat ini Indonesia tercatat cuma menerima dua kartu kuning, sedangkan Vietnam sudah menerima tiga kartu kuning. Setiap kartu kuning mengurangi satu poin disiplin, sedangkan kartu merah akan mengurangi tiga poin.

Dua kartu kuning itu membuat Indonesia tercatat minus dua poin disiplin. Adapun Vietnam punya minus tiga poin disiplin sebagai konsekuensi atas tiga kartu kuning yang mereka terima.

Indonesia dan Vietnam akan berjumpa pada pertandingan terakhir penyisihan grup di Stadion GBT pada Minggu, 18 September. Pemenangan laga itu sudah pasti langsung ke putaran final tahun depan.

Klasemen Grup F

1. Indonesia (6 poin, selisih 8 gol)

2. Vietnam (6 poin, selisih 8 gol)

3. Hong Kong (0 poin, selisih -8 gol)

4. Timor Leste (0 poin, selisih -8 gol)