Akhir Libur Panjang, Penumpang Kereta Api ke Jakarta Masih Padat Hingga Besok

JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia memprediksi arus balik penumpang kereta api jarak jauh menuju Jakarta pada akhir libur panjang hingga Senin, 2 November, masih dipadati penumpang.

Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa menyebut, pada hari ini tercatat sekitar 12.572 penumpang kereta yang turun di area Daop 1 Jakarta. 

"Rinciannya, penumpang yang turun di Stasiun Gambir dengan 4.352 penumpang, Pasar Senen 5.459 penumpang, Bekasi 1.012 penumpang, Jatinegara 1.588 penumpang, Jakarta Kota 42 penumpang, Karawang 68 penumpang, dan Cikampek 51 penumpang," kata Eva dakam keterangan tertulis, Minggu, 1 November. 

Adapun prediksi arus balik tertinggi akan terjadi pada hari Senin besok yang mencapai 14.051 penumpang. Penumpang tersebut berasal dari wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. 

Sementara, untuk keberangkatan kereta api dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen masih terdapat peningkatan jika dibandingkan akhir pekan minggu lalu, dengan rata-rata penumpang sekitar 2.600 per hari. 

Berdasarkan data sementara pada hari ini, terdapat 4.919 penumpang yang berangkat dari 9.042 tempat duduk yang disediakan. 

"Jumlah tersebut diprediksi dapat mengalami peningkatan, mengingat proses reservasi masih dibuka dan akan terdapat pembelian tiket di loket go show yang dibuka 3 jam sebelum keberangkatan," ungkap Eva.

Dari jumlah penumpang pada hari ini, masih tersisa ketersediaan tempat duduk sekitar 40 persen yang masih dapat dipesan tiketnya oleh pelanggan kereta api. 

Sebagai informasi, sepanjang masa libur panjang periode 27-31 Oktober 2020, PT KAI Daop 1 Jakarta secara total telah memberangkatkan 36.316 penumpang kereta api dari Stasiun Gambir, Pasar Senen, dan Jakarta Kota.