2,5 Tahun Hilang, Kucing Hitam Ruby Kembali ke Rumah Pemiliknya

JAKARTA - Rasa ingin tahu tidak selalu membunuh kucing. Terkadang itu hanya membawa mereka pada petualangan liar. Kucing hitam milik Jordan Harvey, Ruby, berkeliaran jauh dari rumahnya di Brogborough, Bedfordshire, pada bulan April 2018.

Jordan mungkin berpikir Ruby naik truk di halte truk di jalan raya M1 terdekat, karena hampir tiga tahun setelah dia menghilang, si kucing muncul lebih dari 50 mil jauhnya di sebuah kawasan industri di Coventry.

Leighton Myers, penjaga keamanan Coventry yang telah memberi makan 'kucing liar' selama tiga pekan menghubungi Cats Protection, yang menemukan bahwa kucing hitam berusia lima tahun itu memiliki microchip dan menggunakannya untuk melacak Ruby kembali kepada Jordan.

Kucing dan pemiliknya akhirnya kembali bersama pada Rabu pekan lalu. Tidak ada yang tahu apa yang terjadi pada Ruby selama dua setengah tahun. Leighton baru bertemu dengannya sekitar tiga minggu yang lalu, dan membiarkannya tidur di mobilnya pada malam hari agar tetap hangat.

Ruby dalam kondisi baik ketika ditemukan, jadi kemungkinan besar dia akan menemukan rumah lain.  Sementara itu, Cats Protection menghentikan tugasnya melacak Jordan karena dia pindah rumah dan mengubah nomor teleponnya sejak mendaftarkan microchip Ruby. 

"Ketika dia mendapat surat dari kami, Jordan mengira itu tipuan," kata sukarelawan Wendy Harris kepada BBC dilansir dari Daily Star, Senin, 26 Oktober.

Tetapi mereka akhirnya menemukan pemilik yang tepat. "Ketika dia (Ruby) melihatnya (Jordan), dia (Ruby) langsung tahu siapa dia (Jordan), setelah sekian lama, dan berada di sekelilingnya," tambah Wendy.

Kucing dan pemiliknya akhirnya kembali bersama pada Rabu pekan lalu (Foto: Cats Protection)

Berterima kasih kepada penjaga keamanan yang merawat kucingnya dan staf Cats Protection yang melacaknya, Jordan berkata: "Mereka membawa putri kecil saya kembali kepada saya dan saya selamanya berterima kasih kepada mereka."

"Tidak ada kata yang bisa menggambarkan kebahagiaan yang saya rasakan saat ini," dia menambahkan. 

"Saya punya sedikit harapan untuk menemukan setelah hampir tiga tahun, tapi sekarang dia di rumah dengan selamat dan sehat."

Wendy Harris menyatakan bahwa kisah yang menghangatkan hati ini adalah pengingat yang baik bahwa hewan peliharaan kita harus diberi microchip, dan ingatlah untuk selalu memperbarui detailnya.