BSI Bakal Bagi Dividen Rp757 Miliar, 25 Persen dari Laba Bersih di 2021

JAKARTA - PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada Jumat 27 Mei.

Dalam RUPST para pemegang saham menyetujuai penggunaan 25 persen laba bersih tahun 2021, sebesar Rp757 triliun sebagai dividen.

"Atas dasar pencapaian kinerja yang solid di tahun lalu, BSI memutuskan untuk membagikan dividen tunai sebesar 25 persen atau senilai Rp757 miliar. Adapun sebesar 20 peren disisihkan sebagai cadangan wajib dan sisanya sebesar 55 persen dialokasikan sebagai laba ditahan," ujar Direktur Utama BSI Hery Gunardi dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat.

Hery menjelaskan, besaran dividen ini ekuivalen dengan Rp18,41 per lembar saham.

Ia menambahkan, sejak merger pada 1 Februari 2021, BSI berhasil membukukan laba bersih sebesar Rp3,02 triliun atau naik 38,45 persen secara year on year (yoy).

Pemberian dividen payout ratio sebesar 25 persen tersebut, kata Hery, mempertimbangkan komitmen BSI untuk terus memberi nilai kepada shareholder dan menghadirkan value kepada stakeholder melalui rencana ekspansi bisnis ke depan.

"Keputusan tersebut juga mengindikasikan dukungan yang kuat dari pemegang saham kepada manajemen untuk mengakselerasi rencana ekspansi bisnis perusahaan," kata Hery.

Ia mengatakan, dengan kinerja yang terus tumbuh BSI semakin siap menjadi energi baru untuk Indonesia.

"Sejalan dengan momentum pertumbuhan ekonomi, kami optimis kinerja BSI akan terus membaik. Ke depan, kami akan terus memacu pengembangan bisnis dan layanan agar dapat memenuhi ekspektasi seluruh stakeholder perseroan," ujar Hery.

Dalam RUPST ini, para pemegang saham juga menyetujui perubahan anggaran dasar perseroan, di mana hal ini terkait langkah pemerintah untuk memasukkan saham Seri A Dwiwarna ke BSI.

Saham Seri A Dwiwarna ini merupakan saham khusus Negara Republik Indonesia yang memberikan hak istimewa pada pemegang saham, di antaranya menyetujui persetujuan rapat umum pemegang saham serta menyetujui perubahan permodalan perusahaan.