Tegaskan Papua Dianggap Jokowi Istimewa, Mahfud MD: Presiden ke Papua Sudah 14 Kali

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) selalu menganggap Papua istimewa. Presiden sering mengunjungi Bumi Cendrawasih tersebut.

"Ke provinsi lain, presiden itu hanya dua tiga kali. Tapi ke Papua, sudah 14 kali," kata Mahfud usai mendampingi Presiden Jokowi bertemu Majelis Rakyat Papua dan Papua Barat seperti yang ditayangkan di YouTube Sekretariat Presiden, Senin, 25 April.

Saat berkunjung ke Papua, sambung Mahfud, Jokowi kerap berkunjung ke daerah terpencil bukan ke ibu kota provinsi saja.

"Presiden biasanya langsung ke daerah-daerah terpencil, kabupaten-kabupaten bukan ke ibu kota provinsi saja," ungkapnya.

Mahfud mengatakan Presiden Jokowi nantinya akan berkunjung ke kantor Majelis Rakyat Papua (MRP). Apalagi, dalam pertemuan tersebut, MRP mengundang Presiden Jokowi.

Hanya saja, eks Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu belum tahu kapan kunjungan tersebut akan dilakukan. "Presiden menyatakan siap nanti (mengunjungi kantor MRP, red) nanti pada saatnya," ujar Mahfud.

Selain itu, Mahfud berbicara soal pertemuan antara Presiden Jokowi dan MRP. Kata dia, kegiatan tersebut berjalan dengan baik dan ada sejumlah hal yang dibahas seperti pemekaran wilayah hingga UU Otonomi Khusus Papua.

Tak hanya itu, Jokowi juga membahas mengenai masa jabatan kepala daerah di Papua. Namun, belum ada keputusan yang diambil mengingat semuanya harus berjalan sesuai perundangan yang berlaku dan tak boleh menimbulkan polemik.

"Jangan sampai Papua disikapi begini, daerah lain nanti juga minta hal yang sama, gitu. Karena merasa mempunyai undang-undang yang secara umum sama meskipun secara khusus berbeda," pungkasnya.