Long Weekend, KAI Pastikan Layanan Kereta Api Tetap Utamakan Prokes

JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyebut bahwa dalam masa libur panjang akhir pekan ini jajaran perseroan siap melayani masyarakat secara baik dan konsisten dalam menerapkan protokol kesehatan sesuai SE Kemenhub No. 39 Tahun 2022.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan pada periode long weekend ini, yakni 14-17 April 2022, volume pelanggan KA Jarak Jauh adalah sebanyak 209.370 pelanggan atau rata-rata 52.343 pelanggan per hari. Adapun okupansi KA Jarak Jauh pada periode tersebut yaitu 51 persen dari total tempat duduk yang disediakan.

Sementara itu beberapa kereta favorit pelanggan adalah KA Airlangga relasi Pasar Senen - Surabaya Pasarturi pp, KA Bengawan relasi Pasar Senen - Purwosari pp, dan KA Jayabaya relasi Pasar Senen - Malang pp.

“Kami menghimbau kepada pelanggan untuk segera melakukan vaksin booster agar perjalanan dengan kereta api tetap sehat dan nyaman,” ujarnya dalam dalam siaran pers hari ini, Jumat, 15 April.

Menurut Joni, pelanggan KA Jarak Jauh yang sudah mendapatkan vaksin ketiga tidak perlu lagi menunjukkan hasil screening COVID-19 pada saat boarding. Kemudian bagi yang sudah mendapatkan vaksin dosis kedua, maka wajib melampirkan hasil negatif rapid test antigen dengan masa berlaku 1×24 jam atau RT-PCR dengan masa berlaku 3×24 jam.

“Kalau baru vaksin dosis pertama maka diwajibkan melampirkan hasil negatif RT-PCR dengan masa berlaku 3×24 jam,” tuturnya.

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa untuk pelanggan usia 6-18 tahun yang saat ini belum bisa mendapatkan vaksin booster, maka tetap diharuskan untuk menunjukkan hasil screening COVID-19.

Sedangkan untuk pelanggan di bawah 6 tidak harus menunjukkan bukti vaksin atau screening tapi harus didampingi oleh orang dewasa pada saat perjalanan.

“KAI akan terus menjaga penerapan protokol kesehatan serta pelayanannya di libur long weekend ini sebelum tiba peak season lainnya yaitu angkutan lebaran,” tutup Joni.