Darwin Cylril Noerhadi Siap di Posisi Apapun Andai Tak Terpilih jadi Ketua OJK

JAKARTA – Calon Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Darwin Cylril Noerhadi menyatakan kesiapannya untuk ditempatkan pada posisi apapun di tubuh OJK apabila tidak terpilih sebagai pemimpin organisasi tersebut.

“Saya rasa ini sudah menjadi konsekuensi pada saat mendaftar OJK, yaitu bersedia dan tidak mundur,” ujarnya ketika menjalani uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) bersama Komisi XI DPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu, 6 April.

Menurut Cylril, jabatan selain Ketua OJK merupakan amanah yang tidak kalah penting dan harus dijalankan dengan baik. Untuk itu, dia menyerahkan sepenuhnya keputusan posisi yang akan diemban tanpa memilih salah satu jabatan tertentu.

“(Saya siap pada) posisi mana yang saya bisa memberikan dampak terbesar,” tegas dia.

Sebagai informasi, Darwin Cylril Noerhadi merupakan salah satu calon Ketua OJK yang dinilai cukup kenyang pengalaman di industri keuangan.

Dalam portofolio yang dia lampirkan, diketahui bahwa Cylril sempat menduduki kursi Anggota Dewan Pengawas Lembaga Pengelola Investasi. Dia pun tercatat menjadi petinggi di perusahaan besar nasional, seperti Mandiri Sekuritas, dan Medco Energy International.

Selain Darwin Cylril Noerhadi, bursa calon Ketua OJK diisi oleh Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar dan mantan Kepala Eksekutif Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Mirza Adityaswara.