Pentingnya Literasi Digital di Era Industri 4.0
JAKARTA - Rabu, 30 Maret, Bakti Kominfo dan DPR RI mengadakan seminar merajut Nusantara dengan tema "Literasi Digital di Era Industri 4.0". Acara seminar pagi ini diawali dengan salam pembukaan yang dilakukan oleh MC dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dipandu oleh dirigen serta menyaksikan penampilan tari tradisional oleh sanggar Jelantika Nusantara dengan judul tarian Singgeh Pengunten dari Lampung.
Setelahnya, MC memberikan kesempatan kepada moderator untuk memulai kegiatan seminar yang diawali dengan sambutan dan pembukaan oleh Alimin Abdullah selaku anggota Komisi I DPR RI yang menyampaikan harapanya pemerintah khususnya BAKTI KOMINFO memanfaatkan sarana yang telah disiapkan oleh pemerintah. Selain itu, perlu juga mempercepat penyebaran internet bagi masyarakat terkhusus yang jauh dari kota dan juga keaktifan masyarakat untuk membantu melaporkan keadaan lingkungan sekitar agar pemerataan internet dapat segera dilaksanakan.
Dilanjutkan dengan pemaparan oleh narasumber yang pertama Yuliandre Darwis dengan materi mengenai 4 prinsip dasar dalam literasi digital:
1. Pemahaman masyarakat untuk memahami informasi yang tersaji di internet sebagai media komunikasi implisit maupun eksplitis
2. Ketergantungan dan melengkapi informasi yang tersaji
3. Peran sosial di dalamnya
4. Kemampuan masyarakat untuk mengakses atau memahami untuk mengolah menjadi peran positif
Lalu dilanjutkan pemaparan oleh pemateri kedua, seorang penulis bernama Vicky Anggriawan yang memaparkan besarnya pengaruh pemanfaatan digital khususnya di dunia bisnis. Karena di zaman sekarang segala kegiatan dapat diakses dengan mudah. Adapun hal platform yang dapat mendukung kemudahan digital marketing sebagai berikut:
1. Website, beperan untuk menunjukan profesionalisme perusahaan, membantu mengetahui bisnis kita, promosi hemat dan media bisnis mudah
2. Search engine marketing, membuat nama dengan keyword yang menarik atau unik sehingga hanya laman bisnis kita saja yang akan terlihat
3. Sosial media marketing, menyebarkan bisnis kita dibeberapa sosial media (Facebook, Instagram, Twitter )
4. Online advertising, melakukan promosi berbayar untuk membantu memperluas pasar kita
5. Video marketing, untuk menjelaskan tentang bisnis anda baik produk atau cara menggunakanya serta testimonial pelanggan
Sebelum penutup dilakukan sesi tanya jawab oleh 4 orang penanya dan juga pemberian closing statement dari tiap narasumber.