Perbanyak Agen MyPos, PT Pos Ajak Santri Jadi O-Ranger
JAKARTA - PT Pos Indonesia (Persero) memperluas jangkauannya ke berbagai daerah melalui kalangan santri. Dalam hal ini, para santri bisa menjadi agen PT Pos O-Ranger.
O-Ranger merupakan mitra Pos Indonesia yang bertugas untuk memasarkan produk Pos Indonesia dan melakukan layanan penjemputan barang (pick up service) di masing-masing area.
SVP Retail Business PT Pos Indonesia (Persero) Makky M Makmur menuturkan, Pos Indonesia terus melakukan penetrasi jaringan dengan membidik komunitas pesantren. Langkah ini dilakukan dengan pembukaan Agen MyPos Solahul Rahmat dan kick off peluncuran O-Ranger Santri di Deltasari, Sidoarjo, Jawa Timur.
"Ini merupakan kelanjutan dari Pos Go to Pesantren," tutur Makky dikutip Antara, Minggu 27 Maret.
PT Pos Indonesia masuk ke pesantren membangun jiwa entrepreneurship di kalangan santri.
"Jadi ini adalah upaya kami membangun jiwa entrepreneurship di lingkungan pesantren melalui Agen MyPos dan O-Ranger Santri. Mereka menjadi mitra kita, bersama-sama membangun ekonomi pesantren," kata dia.
O-Ranger Santri adalah kurir yang memaksimalkan SDM dari kalangan santri. Mereka akan menjadi kurir untuk platform PosAja.
PosAja menjadi solusi bagi masyarakat untuk mengirimkan barang dari rumah melalui handphone.
Baca juga:
Saat ini, pihaknya terus melakukan penambahan Agen MyPos dan rencananya, dalam waktu dekat ada 60 agen yang akan bergabung.
Pada tahun lalu, Pos Indonesia mencatat ada 600 agen MyPos yang telah telah menjadi bagian Pos Indonesia.
Agen MyPos merupakan konsep mitra bisnis yang dikembangkan Pos Indonesia bagi komunitas atau pribadi.
Nantinya, Agen MyPos akan memiliki keleluasaan membangun gerai MyPos. Gerai MyPos didesain dengan tampilan menarik, kekinian, dan fresh look, sesuai dengan karakter kalangan milenial. MyPos dibuat berbeda dengan gerai atau kantor Pos lainnya.
Gerai MyPos berlokasi di titik atau lokasi di mana banyak dikunjungi kalangan milenial, seperti mal, pusat perbelanjaan, kafe, atau tempat kongkow hingga pusat aktivitas masyarakat lainnya.
MyPos tak hanya hadir sebagai layanan kurir, logistik, dan berbagai layanan jasa keuangan lainnya, tetapi diharapkan menjadi pusat bisnis dan transaksi ekonomi.
Tak sekadar tampilan yang kekinian, jam operasional gerai MyPos juga lebih lama. Setiap gerai akan melayani pelanggan mulai pukul 06.00 hingga 22.00.
Panjangnya jam operasional MyPos ini diharapkan semakin memudahkan konsumen melakukan pengiriman barang.
"Ini yang membedakan gerai MyPos dengan agen atau kantor layanan Pos lainnya. Kami berharap, gerai ini bisa menjawab kebutuhan milenial dalam melakukan pengiriman barang dan mengakses layanan Pos Indonesia lainnya," kata Direktur Bisnis Kurir dan Logistik PT Pos Indonesia Siti Choiriana.
Selain gerai, Pos Indonesia juga mengembangkan platform online MyPos.
Platform ini dikhususkan bagi agen atau pemilik gerai yang bergabung menjadi agen MyPos. Platform ini menjadi penghubung antara Pos Indonesia dengan pemilik gerai.
"Ini akan memudahkan pemilik gerai MyPos dalam melayani pelanggan. Semua layanan Pos Indonesia bisa diakses secara cepat dan mudah melalui platform online MyPos," kata Direktur yang akrab disapa Ana.