Presiden Biden Bilang Putin Pertimbangkan Penggunaan Senjata Kimia, Militer Ukraina Minta Penduduk Bersiap untuk Serangan Rusia

JAKARTA - Militer Ukraina meminta penduduk bersiap untuk serangan berupa penembakan terhadap infrastruktur vital oleh Rusia, ketika Presiden AS Joe Biden mengeluarkan salah satu peringatan terkuatnya, Moskow sedang mempertimbangkan untuk menggunakan senjata kimia.

Pasukan Rusia telah gagal untuk merebut kota besar Ukraina empat minggu setelah invasi mereka, dan semakin banyak yang menyebabkan kehancuran besar-besaran ke daerah pemukiman menggunakan serangan udara, rudal jarak jauh dan artileri.

Pelabuhan selatan Mariupol telah menjadi titik fokus serangan Rusia dan sebagian besar terletak di reruntuhan, dengan mayat tergeletak di jalan-jalan, tetapi serangan juga dilaporkan meningkat di kota kedua Kharkiv pada Hari Senin.

Angkatan bersenjata Ukraina mengatakan dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan pada Hari Selasa, pasukan Rusia diperkirakan akan terus menyerang infrastruktur penting menggunakan 'senjata presisi tinggi'.

Terpisah, tanpa mengutip bukti, Presiden Biden mengatakan tuduhan bohong bahwa Kyiv memiliki senjata biologis dan kimia, menggambarkan Presiden Vladimir Putin sedang mempertimbangkan untuk menggunakannya sendiri.

Ilustrasi konvoi kendaraan tempur Rusia di Ukraina. (Wikimedia Commons/Mil.ru)

"Punggung Putin bersandar pada tembok dan sekarang dia berbicara tentang bendera palsu baru yang dia buat termasuk, menegaskan bahwa kita di Amerika memiliki senjata biologi dan kimia di Eropa, sama sekali tidak benar," ujar Presiden Biden pada acara Business Roundtable, melansir Reuters 22 Maret.

"Mereka juga menilai Ukraina memiliki senjata biologi dan kimia di Ukraina. Itu tanda yang jelas dia mempertimbangkan untuk menggunakan keduanya," sambungnya. Kedutaan Besar Rusia di Washingtong tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Biden juga meminta kalangan bisnis untuk waspada, terhadap kemungkinan serangan dunia maya oleh Rusia, mengatakan "itu bagian dari pedoman Rusia,".

Washington dan sekutunya sebelumnya menuduh Rusia menyebarkan klaim yang tidak terbukti, bahwa Ukraina memiliki program senjata biologis, sebagai kemungkinan awal untuk menggunakan senjata tersebut sendiri. Tetapi, pernyataan Presiden Biden pada Hari Senin adalah beberapa yang terkuatnya tentang masalah ini.

Rusia mengatakan tidak menyerang warga sipil, meskipun kehancuran yang terjadi di kota-kota Ukraina seperti Mariupol dan Kharkiv, mengingatkan pada serangan Rusia sebelumnya di kota-kota di Chechnya dan Suriah.

Presiden Putin menyebut perang itu, serangan terbesar di negara Eropa sejak Perang Dunia Kedua, sebagai 'operasi militer khusus' untuk melucuti senjata Ukraina dan melindunginya dari Nazi. Sementara, Barat menyebut ini sebagai dalih palsu untuk perang agresi yang tidak beralasan.

Pejabat Ukraina berharap Moskow akan merundingkan penarikan. Kedua belah pihak pekan lalu mengisyaratkan kemajuan dalam pembicaraan tentang formula yang akan mencakup semacam "netralitas" untuk Ukraina, meskipun belum ada rinciannya.

Untuk diketahui, awal bulan ini, penasihat keamanan nasional AS Jake Sullivan berbicara dengan Nikolay Patrushev, sekretaris Dewan Keamanan Rusia, memperingatkan dia tentang konsekuensi untuk "setiap keputusan Rusia yang mungkin menggunakan senjata kimia atau biologi di Ukraina." Gedung Putih tidak merinci apa konsekuensinya.