Pangkostrad Maruli Simanjuntak Berkunjung ke Markas Brigif 06 Sukoharjo

JAKARTA - Panglima Komando Strategi Angkatan Darat (Pangkostrad) Letjen Maruli Simanjuntak melakukan kunjungan kerja ke Markas Brigradir Infantri (Brigif) 06/Trisakti Balajaya di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Kunjungan ini untuk mengecek kendala-kendala sebagai bahan evaluasi.

"Saya kunker ini menjadi prioritas untuk melihat sejauh mana satuan-satuan di bawah bisa melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya," kata Pangkostrad di Markas Brigif 06/Trisaksi Balajaya Sukoharjo, Antara, Jumat, 11 Maret.

Menurut Pangkostrad, baik dari hasil laporan atau temuan saat kunjungan ini akan dicatat sebagai bahan evaluasi perbaikan. 

Pangkostrad dalam kunker berawal di Markas Para Reder 503 Mayangkara Mojokerto Jatim, kemudian di Brigif 06/Trisakti Balajaya Sukoharjo, setelah itu, ada satuan-satuan lain yang akan dilihat langsung.

Menurut Pangkostrad, dominan dari pasukan Kostrad dipersiapkan untuk tempur meskipun dalam garis komandonya memiliki asisten teritorial. Kostrad juga memiliki tugas tambahan membantu pengamanan dari pemerintah daerah (pemda) setempat. "Kami juga harus melihat celahnya, sehingga prajurit bisa profesional secara militer, juga dalam perbantuan pengamanan ke pemda setempat," kata Pangkostrad.

Dia mengatakan, ada satu konsep yang dicetuskan oleh Panglima TNI dan KSAD supaya Kostrad lebih dominan membantu kesejahteraan masyarakat.

Memasuki HUT ke-61, pihaknya ingin mengingatkan kembali bahwa motivasi orang masuk tentara adalah mengabdi untuk negara  bukan hal lainnya. Pengabdian itu ditunjukan dengan menjalankan tugas dan berlatih. 

Pangkostrad ingin sinergisitas TNI Polri semakin meningkat.