Langka, Perangkap Kamera Ungkap Perkawinan Macan Tutul di Primorsky pada Usia 13 Tahun

JAKARTA - Spesialis dari Taman Nasional Tanah Macan Tutul di Wilayah Primorsky, Rusia untuk pertama kalinya memperoleh foto-foto perkawinan macan tutul Timur Jauh yang langka pada usia 13, dengan rentang hidup rata-rata 12 tahun, layanan pers taman nasional dilaporkan pada Hari Senin.

Seekor kucing besar bernama Valera, pada usia 13 tahun, bertemu secara romantis dengan betina muda. Sebuah jebakan foto menangkap pertemuan macan tutul paling langka di dunia dan proses kawin untuk pertama kalinya.

Tiga belas tahun adalah usia yang cukup besar, mengingat umur rata-rata macan tutul Timur Jauh di alam liar adalah sekitar 12 tahun. Namun demikian, macan tutul tua menunjukkan perilaku yang nyaman dan bahkan berkomunikasi dengan lawan jenis yang menunjukkan sifatnya kesehatan yang baik, kata laporan itu, seperti melansir TASS 14 Februari.

Macan tutul Timur Jauh betina baru berusia sekitar dua tahun dan ini adalah pertama kalinya dia difoto di taman nasional. Menurut para ilmuwan, memperoleh data seperti itu dari alam liar adalah peristiwa yang sangat langka, yang sangat berharga bagi sains dan memungkinkan seseorang untuk melacak hubungan antara hewan dan membangun pohon keluarga.

Pekerjaan semacam itu membantu seseorang lebih memahami struktur sosial dan spasial populasi, pola migrasi dan penyebaran hewan, pada akhirnya mengembangkan langkah-langkah konservasi yang optimal.

"Berkat foto-foto itu, kami mendapat informasi berharga baik tentang Valera sendiri, yang menunjukkan bahwa dia baik-baik saja, dan tentang kehidupan macan tutul Timur Jauh secara umum," jelas layanan pers mengutip Marina Syrytsa, kepala departemen sains "Land of the Leopard.

"Pada usia 13 tahun, hewan itu terus menjalani kehidupan penuh, yang memperluas pengetahuan kami tentang ekologi subspesies macan tutul ini. Keberhasilan pekerjaan taman nasional sudah jelas," sambung pihak layanan.

Macan tutul menerima nama Valera berkat klub hoki 'Admiral', yang para pemainnya pada tahun 2014 menjadi penjaganya, memilih menamai predator untuk menghormati pemain hoki legendaris Soviet Valery Kharlamov.

Untuk diketahui, macan tutul dapat berkembang biak setiap saat sepanjang tahun. Biasanya, perkawinan mereka hanya berlangsung beberapa hari, dan setelah kehidupan pernikahan yang singkat, mereka dengan cepat kehilangan minat satu sama lain. Jika seekor betina berhasil hamil, ia akan mengandung selama sekitar 90 hari dan melahirkan hingga tiga anak kucing.

Macan tutul Timur Jauh adalah kucing besar paling langka di dunia. Pada awal 2000-an, hanya ada sekitar 35 spesimen liar predator ini yang tersisa di dunia. Hewan itu berada di ambang kepunahan. Berkat penciptaan Taman Nasional Tanah Macan Tutul, populasinya telah meningkat pesat dan telah berkembang menjadi 110 hewan.