Tumbang, Pohon Angsana Tinggi 10 Meter Timpa Bangunan RPTRA, Petugas Kesulitan Evakuasi

JAKARTA - Pohon jenis Angsana di Jalan Rusun Griya Tipar Cakung, RT 010/10, Kelurahan Cakung Barat, Kecamatan Cakung mendadak tumbang dan menimpa atap Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA). Beruntung tidak ada korban dalam peristiwa itu.

Warga kemudian melaporkan ke Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Sudin Gulkarmat) Jakarta Timur, agar segera dilakukan penanganan.

Petugas perlahan memotong dahan dan batang pohon angsana yang roboh di Tipar Cakung/ Foto: IST

"Pengelola RPTRA melaporkan ke kita pada pukul 13.30 WIB bahwa adanya pohon tumbang. Kita kerahkan 1 unit truk dan empat petugas rescue untuk penanganan," kata Kasiops Sudin Gulkarmat Jakarta Timur Gatot Sulaeman kepada wartawan, Kamis 10 Februari.

Evakuasi berjalan sulit lantaran pohon memiliki dahan yang rindang dan besar. Petugas pun perlahan memangkas ranting dan dahan pohon.

Petugas perlahan memotong dahan dan batang pohon angsana yang roboh di Tipar Cakung/ Foto: IST

"Pohon jenis Angsana berdiameter 1,5 meter dan ketinggian 10 meter. Pohon tumbang karena tanah gambut. Evakuasi selesai pukul 14.10 WIB," ujarnya.

Setelah memakan waktu beberapa menit, pohon berhasil dievakuasi. Kerusakan akibat pohon tumbang ini hanya merusak atap bangunan RPTRA Griya Tipar Cakung.