Enam Tahun Beroperasi, Telkom Matikan Situs e-Commerce BLANJA.com

JAKARTA - Telkom resmi menutup platform marketplace BLANJA.com. Toko jual beli online yang dirintis enam tahun lalu melalui joint venture bersama eBay, itu harus ditutup per 1 September kemarin. 

"Terhitung 1 Oktober 2020, Telkom hanya akan fokus pada bisnis e-commerce di segmen korporasi dan UMKM melalui transaksi Business to Business (B2B). Hal ini merupakan bagian dari langkah strategis perusahaan untuk mengembangkan bisnis e-commerce ke arah yang lebih baik," kata Direktur Digital Business Telkom, Fajrin Rasyid dalam keterangannya, Rabu, 2 September. 

Dalam keterangannya, Telkom mengatakan mereka akan fokus dalam beberapa inisiatif untuk memanfaatkan peluang e-commerce di pasar enterprise. Salah satunya dengan program Pasar Digital (PaDi) UMKM yang berupaya menggerakkan ekonomi lokal dengan pemanfaatan aplikasi digital.

"TelkomGroup menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya atas kepercayaan masyarakat serta stakeholder yang selama ini bergabung dan memanfaatkan fasilitas transaksi retail BLANJA.com, terutama para pelaku bisnis di seluruh Indonesia," jelas Fajrin.

Pengumunan itu pertama kali diketahui melalui laman resmi BLANJA.com, pihaknya juga mengkonfirmasi terkait penutupan marketplace ini, "Dengan adanya perubahan strategi bisnis yang dilakukan oleh BLANJA.com, maka kami sampaikan bahwa terhitung mulai 1 September 2020 seluruh kegiatan pembelian di BLANJA akan dihentikan."

Selain itu, untuk para pengguna yang masih memiliki saldo di BLANJA.com, mereka bisa menarik uangnya kembali dengan cara melakukan penarikan saldo pada Dompet BLANJA sebelum tanggal 30 September 2020.

Pengumuman situs Blanja.com

Cara penarikan saldo Dompet BLANJA.com, pengguna bisa mengunjungi laman BLANJA.com dan mengklik tautan pada notifikasi di tab atas pada situs, atau dapat mengirimkan email ke support@BLANJA.com dengan email yang terdaftar di BLANJA dan melampirkan file identitas diri (KTP dan copy buku rekening).

Sebagai informasi, BLANJA.com merupakan sebuah kerja sama antara Telkom Indonesia dengan perusahaan situs e-commerce eBay yang diluncurkan pada Desember 2014 lalu. Diwujudkan melalui konsep online-marketplace yang memiliki ribuan merchant dan jutaan produk dalam berbagai pilihan kategori sesuai kebutuhan pengguna.