Timnas Putri Indonesia Tak Gentar Hadapi Thailand Meski Sebelumnya Dibantai Australia 18-0

JAKARTA - Timnas putri Indonesia mengaku tak gentar berhadapan dengan Thailand di Piala Asia Wanita 2022, meski sebelumnya dibantai habis Australia.

Timnas putri Indonesia dijadwalkan berjumpa dengan Thailand di Stadion D Y Patil pada Senin, 24 Januari pukul 19.00 WIB. Pertemuan itu merupakan laga kedua Skuat Garuda di fase Grup B.

Sebelum berjumpa Thailand, timnas putri Indonesia lebih dulu melakoni laga kontra Australia. Namun, pada laga Jumat, 21 Januari itu Indonesia dibantai habis Australia dengan skor 18-0.

Hasil itu jadi pukulan keras bagi timnas putri Indonesia, terlebih perjumpaan dengan Australia adalah laga perdana. Kendati pahit, pelatih timnas Rudy Eka Priambodo tak ingin anak asuhnya ciut nyali. Ia ingin timnas tak gentar menghadapi Thailand.

"Thailand punya pengalaman bermain di Piala Dunia tetapi kami memiliki dua pertandingan lagi untuk dimainkan dan kami ingin memberi dampak. Pemain kami, masih muda, harus mencoba dan mengendalikan pertandingan tak boleh gentar," kata Rudy dikutip dari situs AFC.

"Ini adalah kurva pembelajaran yang besar bagi kami dan kami ingin belajar dari turnamen ini untuk pengembangan skuad muda kami," sambungnya.

Lebih lanjut, Rudy juga ingin Skuat Garuda Pertiwi bisa mengambil pelajaran dari kekalahan saat melawan Australia. Karena hal itu jelas berguna untuk membenahi performa saat jumpa Thailand.

"Sejak menit pertama, Australia terus menekan kami dan setelah mereka mencetak gol pada menit kedelapan kami kehilangan konsentrasi," papar Rudy.

"Level kebugaran, kualitas pemain, kendali dan pengambilan mereka (jauh lebih unggul), jadi kami harus belajar dari pertandingan tersebut dan bersiap menghadapi pertandingan selanjutnya," tambahnya.

Sebelum berjumpa timnas putri Indonesia, Thailand juga baru menelan kekalahan mengejutkan dari Filipina. Gol semata wayang Chandler McDaniel pada menit ke-81 membuat Filipina mengemas tiga poin.

Setelah melawan Thailand, timnas putri Indonesia akan melanjutkan laga pamungkas dengan menghadapi Filipina pada Kamis, 27 Januari mendatang.