Mozilla Segarkan Tampilan Browser Firefox versi Android

JAKARTA - Mozilla merilis pembaruan untuk browser Firefox versi Android. Dengan menambahkan banyak fitur dan tampilan yang lebih segar, browser ini bisa jadi alternatif selain Google Chrome.

Mengutip Phone Arena, Rabu 26 Agustus, penambahan fitur di Firefox versi Android diambil dari tampilan desktop, sehingga memberikan pengalaman yang lebih lancar dari sebelumnya. Selain itu, menurut Mozilla, pembaruan ini dinamakan Firefox Daylight karena menandai awal yang baru untuk browser Android.  

Tampilan untuk Android ini juga cukup berbeda dari versi desktop, karena bilah pencarian telah dipindahkan di bagian bawah layar sehingga pengguna dapat menjangkaunya dengan lebih mudah jika menggunakan ponsel yang memiliki layar besar.

Tampilan baru browser Firefox versi Android (dok. Mozilla)

Karena Firefox berorientasi pada privasi, fitur Tracking Protection yang ditingkatkan, perusahaan tersebut telah menerapkan di aplikasi ini juga. Ada tiga pilihan yakni Standard, Strict and Custom.

Fitur serupa lainnya adalah opsi untuk membuka tautan di tab pribadi. Firefox Android kini juga mendapatkan fitur picture-in-picture, peralihan yang disederhanakan antara pilihan mode Light dan Dark, serta peningkatan kinerja secara umum.

>

Diketahui, Firefox Android terkenal juga karena mendukung add-on, tidak seperti Chrome untuk platform OS Google. Dukungan untuk add-on ini juga telah ditingkatkan, dan memungkinkan untuk menyesuaikan browser dengan menginstal kata sandi dan pengelola unduhan yang berbeda.

Namun sayangnya, versi baru Firefox untuk Android baru diluncurkan secara luas untuk pengguna di Eropa mulai hari ini dan akan diluncurkan untuk pengguna di Amerika Utara pada hari Kamis besok. Itu artinya, pembaruan ini belum dapat dinikmati oleh pengguna di beberapa negara.