Hujan Deras dan Angin Kencang Sebabkan 9 Pohon Tumbang di Wilayah Jakarta Pusat

JAKARTA - Hujan deras disertai tiupan angin kencang yang melanda wilayah Jakarta Pusat menyebabkan sejumlah pohon tumbang di beberapa titik di wilayah Jakarta Pusat, seperti di Cikini, Senen, Menteng, dan Tanah Abang.

Kepala Suku Dinas (Sudin) Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Pusat Mila Ananda mengatakan, sebanyak 9 pohon berukuran sedang - besar patah cabang (sempal) hingga tumbang akibat diterpa hujan lebat yang disertai angin kencang.

"Pertama, di Jalan Cikini Raya, sebuah pohon Tabebuya berdiameter 5 sentimeter patah ranting. Dan saat ini kondisinya sudah selesai ditangani oleh Penyedia Jasa Lainnya Orang Perorangan (PJLP) Pohon bersama petugas Penanganan Prasaran dan Sarana Umum (PPSU), Jakarta Pusat," kata Mila saat dihubungi VOI, Kamis 23 Desember, malam.

Selanjutnya di dekat Komando Rayon Militer (Koramil) Taman Menteng. Sebuah pohon Sengon berdiameter batang sekitar 25 sentimeter juga dilaporkan patah ranting. Dan saat ini juga telah selesai ditangani oleh petugas PJLP Pohon Jakarta Pusat.

Kemudian di Jalan Kramat VI, Kecamatan Senen, sebuah pohon jenis Tanjung berdiameter batang 20 sentimeter juga dilaporkan patah ranting. Dan saat ini kondisinya juga telah selesai ditangani oleh petugas PJLP pohon dan PPSU Jakarta Pusat

Di Jalan Sungai Gerong, Kecamatan Tanah Abang, sebuah pohon Asem kranji berdiameter batang 10 sentimeter dilaporkan patah ranting. Dan saat ini kondisinya sudah ditangani oleh petugas PJLP pohon Jakarta Pusat.

"Di Jalan Penjernihan, Kecamatan Tanah Abang, sebuah pohon beringin dengan diameter batang sekitar 15 sentimeter juga dilaporkan mengalami patah ranting. Saat ini sudah selesai ditangani oleh petugas PJLP Pohon Jakarta Pusat," ujar Mila.

Pohon tumbang juga terjadi di Jalan Tentara Pelajar, Kecamatan Tanah Abang. Sebuah pohon Karet dengan diameter sekitar 45 sentimeter dilaporkan tumbang menimpa kabel listrik hingga putus.

Petugas mengevakuasi pohon tumbang di jalan akibat hujan deras dan angin kencang/ Foto: IST

Kemudian pohon jenis Bintaro berdiameter batang sekitar 25 sentimeter di Jalan KH. Mas Mansyur, Kecamatan Tanah Abang juga dilaporkan tumbang menimpa satu unit mobil yang sedang terparkir di bawahnya, sehingga menyebabkan kap mobil rusak.

"Pohon belum diketahui jenisnya dengan diameter batang sekitar 35 sentimeter di Jalan TPU Petamburan, Kecamatan Tanah Abang juga tumbang. Kemudian pohon Randu di Jalan Citarum Banjir Kanal Barat (BKB), Kecamatan Tanah Abang berdiameter batang 35 sentimeter tumbang," katanya.

Pohon tumbang di lokasi ini menimpa tiang listrik, dan mengakibatkan robohnya tiang hingga putusnya kabel listrik di area tersebut.

"Dalam peristiwa pohon tumbang dan patah ranting tersebut, tidak ditemukan laporan adanya korban jiwa," ujarnya.