Raih Peringkat ke-3 Penyelenggaraan Jalan, Kementerian PUPR Beri 'Hadiah' 2 Ekskavator ke Pemprov NTT

KUPANG - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) mendapatkan bantuan sebanyak dua unit ekskavator dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Bantuan dua unit alat berat ekskavator itu sebagai apresiasi Kementerian PUPR karena Provinsi NTT meraih peringkat ke-3 terbaik bidang kebinamargaan dalam penyelenggaraan jalan untuk kategori pemerintah daerah.

Kepala Dinas PUPR Provinsi NTT Maksi Nenabu mengatakan penghargaan sekaligus bantuan diberikan secara langsung oleh Menteri PUPR Mochamad Basoeki Hadimoeljono bertepatan dengan peringatan Hari Jalan Tahun 2021 yang digelar di Jakarta, Senin, 20 Desember lalu.

"Ini merupakan kado yang sangat spesial bagi pemerintah provinsi NTT di hari ulang tahun yang ke-63. Penghargaan ini juga merupakan bentuk apresiasi dari pemerintah pusat atas komitmen dari Gubernur dan Wakil Gubernur NTT untuk menuntaskan pembangunan infrastruktur jalan di NTT," katanya dalam keterangan yang diterima di Kupang, Antara, Kamis, 23 Desember. 

Ia mengatakan pihaknya akan terus bekerja keras agar pada tahun 2022 mendatang seluruh ruas jalan provinsi dapat diperbaiki secara tuntas untuk mendukung pertumbuhan ekonomi di NTT.

Maksi Nenabu menjelaskan hingga Desember 2021, sepanjang 884 kilometer ruas jalan provinsi sudah dikerjakan atau diperbaiki dari total sepanjang 906 kilometer yang mengalami rusak berat dan ringan.

Pembangunan jalan tersebut memanfaatkan pembiayaan dari pinjaman Bank NTT dan PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI), serta Dana Alokasi Umum, Dana Alokasi Khusus, dan Program Hibah Jalan Daerah.

"Masih tersisa sekitar 22,33 kilometer yang akan dituntaskan pada 2022 mendatang," katanya.

Sementara terkait penghargaan tersebut, Wakil Gubernur NTT Josef Nae Soi menyampaikan apresiasi pihak Kementerian PUPR atas penghargaan tersebut dan terus mendukung pembenahan infrastruktur jalan di NTT.

“Kita patut berbangga karena pemerintah Provinsi mendapatkan peringkat tiga nasional dalam kategori kinerja pemerintah daerah untuk urusan penyelenggaraan jalan," katanya.

Ia mengatakan penghargaan ini diharapkan semakin memotivasi semua pemangku kepentingan di NTT agar terus bekerja cerdas, kerja keras dan kerja jujur," katanya.