Fans Malaysia Was-Was Lihat Hasil Laga Timnas vs Vietnam

JAKARTA - Timnas Indonesia masih menyisakan satu laga untuk memastikan diri lolos ke babak semifinal Piala AFF 2020. Laga penentu itu akan mempertemukan skuat Garuda dengan Malaysia pada Minggu, 19 Desember 2021.

Menjelang laga pamungkas yang juga jadi pertaruhan gengsi itu, para penggemar Malaysia terlihat was-was. Mereka khawatir tim kebanggaannya tidka bisa meraih hasil maksimal.

Dikutip VOI pada Jumat, 17 Desember, kecemasan para suporter Malaysia terlihat dalam unggahan di akun Twitter resmi Football Association of Malaysia (FAM). Akun @FAM_Malaysia sempat mengunggah hasil klasemen sementara Grup B setelah laga timnas Indonesia kontra Vietnam berakhir imbang 0-0.

"Carta Kedudukan Kumpulan B, Piala Suzuki AFF 2020. Selepas Hari Perlawanan 4 | Rabu, 15 Disember 2021," tulis akun tersebut sebagai keterangan.

Lewat kolom komentar unggahan itulah kekhawatiran para fans Malaysia mulai terlihat. Tak sedikit dari mereka yang was-was dengan pertahanan yang dilakukan timnas saat menghadapi Vietnam, mereka juga menduga kalau skuat Garuda bisa tampil lebih mengerikan lagi setelah laga itu.

"Boleh jadi Indonesia akan bermain bertahan seperti ini saat melawan Malaysia nanti,” tulis fans Malaysia di kolom komentar.

"Indonesia telah membuktikan yg Vietnam bukanlah gergasi di Asean. Hanya memerlukan taktikal yg baik ketika perlawanan. Indonesia bertahan dgn baik pada perlawanan semalam. Malaysia boleh belajar sedikit dari perlawanan malam tadi. Pasukan Malaysia perlu mantapkan pertahanan," tulis fans lainnya.

"Taktikal coach Indo menjadi,kalau tak silap dia guna formasi 5-4-1.. Main lawan Vietnam mmg terpaksa fokus bertahan,cuba counter attack & cari goal set piece.. Kalau 2 cara cari goal menjadi Indo ada peluang menang.. Mujur Indo tak menang kalau x lagi bahaya utk Malaysia," balas netizen lain mencoba menganalisa.

Dalam laga kontra pada Rabu kemarin, Vietnam yang dilatih Park Hang-seo memang mendominasi pertandingan. Catatan statistik menyebut skuat Garuda hanya mampu mengusai bola dengan presentase 30,9 persen, sisanya dikuasai Vietnam.

Pasukan Garuda juga kalah dalam melakukan tembakan. Evan Dimas dkk hanya sekali melepaskan tembakan ke gawang Vietnam. Sedangkan sang lawan mampu melancarkan 21 tembakan dengan 1 tembakan yang mengarah tepat ke gawang Indonesia.

Meski digempur oleh Vietnam, pertahanan timnas Indonesia di laga itu tetap solid. Upaya para pemain Vietnam untuk mencetak gol selalu dikandaskan pertahanan timnas, hal inilah yang ditakutkan para penggemar Malaysia.