Empat Cara Akses Token Listrik Gratis Bulan Agustus, Bisa Lewat WhatsApp

JAKARTA - Pemerintah memutuskan untuk memperpanjang waktu pemberian bantuan keringanan biaya listrik berupa token gratis kepada pelanggan PLN dengan daya 450 volt amper (VA) dan 900 VA bersubsidi, sosial dan bisnis kecil 450 VA.

Executive Vice President Corporate Communication and CSR PLN, Agung Murdifi mengatakan, pemberian bantuan ini merupakan upaya pemerintah untuk meringankan beban masyarakat tidak mampu dan rentan dalam menghadapi masa pendemi COVID-19.

Agung menjelaskan, seluruh pelanggan yang berhak mendapatkan pembebasan tagihan maupun diskon sudah dimasukkan dalam sistem sejak pemberian Stimulus Covid-19 sebelumnya.

"Karena program ini sifatnya perpanjangan, PLN optimis tidak akan mengalami kendala, baik dari sisi waktu penyiapan maupun teknis pelaksanaan," katanya, dalam keterangan tertulis yang diterima VOI, Rabu, 5 Agustus.

Token listrik stimulus COVID-19 bisa didapatkan dengan empat cara yaitu:

WhatsApp

PLN menggunakan layanan WhatsApp untuk mempermudah pelanggan mendapatkan token listrik dengan cara:

1. Buka aplikasi WhatsApp.

2. Chat WhatsApp ke 08122-123-123 , ikuti petunjuk, salah salah satunya masukkan ID pelanggan.

3. Token gratis akan muncul

4. Pelanggan tinggal memasukkan token gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

tangkapan layar akses token gratis lewat WhatsApp

Website Resmi PLN

1. Buka Alamat www.pln.co.id kemudian pilih menu Stimulus COVID-19. Lalu pilih berdasarkan pembayaran listrik di rumah masing-masing (token gratis atau diskon).

2. Masukkan ID pelanggan atau nomor meter.

3.Kemudian Token Gratis akan ditampilkan di layar.

4. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID pelanggan.

situs web PLN (tangkapan layar)

Melalui Perangkat Desa

Untuk menjangkau pelanggan di daerah terpencil, PLN juga akan bekerjasama dengan perangkat pemerintah setingkat Kecamatan/Desa/Kelurahan untuk memastikan bantuan listrik selama pandemi COVID-19 dapat diterima masyarakat.

Nantinya, perangkat desa akan membantu pelanggan untuk mengakses token gratis melalui website ataupun kontak WhatsApp PLN.

Kunjungi Kantor PLN Terdekat

Terakhir, pelanggan juga bisa mengunjungi kantor layanan PLN yang tersebar di Indonesia atau melalui Contact Center 123 untuk informasi lebih lanjut.

"Kami akan terus memastikan stimulus listrik ini dapat diterima oleh masyarakat, sehingga dapat meringankan beban di tengah pandemi COBI5-19 ini," tuturnya.

Berikut ini daftar golongan pelanggan yang mendapatkan keringanan dan durasi waktunya:

1. Golongan rumah tangga 450 VA pembebasan tagihan atau token gratis diberikan dari bulan April sampai September 2020.

2. Golongan rumah tangga 900 VA bersubsidi diberikan diskon sebesar 50 persen tagihan atau token dari bulan April sampai September 2020.

3. Golongan bisnis kecil 450 VA diberikan bantuan berupa pembebasan tagihan atau gratis dari bulan Mei sampai Oktober 2020.

4. Golongan industri kecil 450 VA bantuan berupa pembebasan tagihan atau gratis berlaku dari Mei sampai Oktober 2020.

Sekadar informasi, bagi pelanggan pasca bayar, bantuan ini akan langsung masuk dalam tagihan masing-masing pelanggan dengan cara mendiskon tarif 100 persen untuk 450 VA dan 50 persen untuk 900 VA bersubsidi.

Sementara untuk pelangan prabayar atau yang menggunakan sistem token, besaran bantuan diperhitungkan berdasarkan rata-rata jumlah pemakaian pelanggan tertinggi antara bulan Januari hingga Maret 2020.