JAKARTA – Google telah menghentikan dukungan Google URL Shortener ke Firebase Dynamic Links pada tahun 2018 karena banyaknya layanan pemendekan URL. Sejak saat itu, URL baru tidak bisa disingkat. Setelah dukungannya diakhiri, kini Google akan menonaktifkan seluruh tautan yang disajikan menggunakan Google URL Shortener. Tautan ini tidak akan bisa diakses atau memberikan respons mulai Agustus tahun depan. "Semua pengembang yang menggunakan tautan yang dibuat dengan Google URL Shortener dalam bentuk https://goo.gl/ akan terpengaruh, dan URL ini tidak akan lagi memberikan respons setelah 25 Agustus 2025," kata Google di halaman pengembang. Sementara itu, mulai 23 Agustus mendatang, Google akan menampilkan pesan peringatan bahwa, "Tautan ini tidak akan berfungsi lagi dalam waktu dekat." Tautan ini akan muncul saat seseorang mengunjungi URL yang dipendekkan.

当此警告消息出现时,用户将看到两个可点击的按钮。第一个按钮是“继续访问链接”,而第二个按钮是“不再显示”,以免再次看到提醒。此警告将以间隔或广告的形式显示在全页内。谷歌又警告说,这种间隔的出现会导致链接流量的中断。“间隔深度可能会导致元数据不再显示最初的链接显示的地方。出于这个原因,我们建议尽快引导此链接,“谷歌解释说。


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)