JAKARTA - Kapten Harry Kane bakal duduk di bench saat Inggris menghadapi Yunani di pertandingan Grup 2 League B UEFA Nations League di Stadion Wembley, Jumat, 11 Oktober 2024 dini hari WIB. Ban kapten pun diserahkan kepada bek Manchester City.

Fix, Kane tidak menjadi starter di laga perebutan posisi puncak klasemen Grup 2. Meski dinyatakan tidak cedera dan bisa dimainkan, namun manajer sementara Lee Carsley tidak ingin mengambil risiko.

Carsley tak tergesa-gesa memainkan Kane yang mengalami cedera di pertandingan Bayern Munchen melawan Eintracht Frankfurt yang berakhir 3-3 di kompetisi Bundesliga Jerman.

Kane bakal dibangkucadangkan saat The Three Lions bertemu Yunani. Posisi Kane di depan digantikan striker Aston Villa Ollie Watkins. Namun dirinya kemungkinan bisa tampil di laga kedua Nations League melawan Finlandia.

"Harry masih menjalani perawatan dari cedera ringan yang dialaminya. Kami tidak ingin mengambil risiko dengan situasi seperti itu," kata Carsley seperti dikutip Mail Online.

"Kami memang tidak mencoretnya. Tetapi dia tidak akan menjadi starter di pertandingan ini. Kami berharap dia sudah bisa diturunkan di pertandingan Minggu [melawan Finlandia]. Kami tidak akan tergesa-gesa [menurunkan Kane]," ucap dia.

Dengan dibangkucadangkannya Kane, maka Carsley harus menunjuk kapten tim di pertandingan tersebut. Sebelumnya, manajer lama Gareth Southgate menunjuk bek Man City Kyle Walker sebagai kapten menggantikan Kane. Namun Carsley justru memilih tandem Walker di klub.

Ya, bek John Stones yang akan memegang ban kapten. Bek berusia 30 ini merupakan pilar The Cityzens di sektor pertahanan.

"Kami sudah melakukan pembicaraan dengan John. Kami meminta dia untuk mengambil tanggung jawab sebagai kapten tim," ujar Carsley yang menyebut Stones pantas menjadi kapten tim. Paling tidak, dia dan Walker meneruskan tradisi pemain belakang yang menjadi kapten seperti yang pernah diemban Tony Adams (Arsenal) dan John Terry (Chelsea).

"Pencapaian John sungguh luar biasa. Dia pantas meraihnya. Dia juga memiliki caps [jumlah bermain untuk timnas] yang sangat banyak dan pemain yang berpengalaman. Dia sosok pemain yang menunjukkan sikap profesional dan menjadi teladan bagi pemain muda," ujarnya lagi.

Stones mengaku bangga mendapat kesempatan menjadi kapten The Three Lions. Hal yang menurut dia tak pernah terpikirkan meski sudah melakukan debut di timnas pada 2014.

"Jelas ini impian saya saat masih kecil. Bagi keluarga saya menyaksikan saya berjalan paling depan menuju lapangan sebagai kapten Inggris merupakan momen yang sangat istimewa. Saya tentu tak cukup berterima kasih kepada Lee," kata Stones.

"Dalam pembicaraan itu, saya hampir tak bisa berkata-kata saat diberi tanggung jawab itu," ucapnya.

Stones melakukan debut di timnas saat ditangani Roy Hodgson. Dirinya pun sudah 81 kali bermain untuk Inggris. Dalam kariernya yang panjang, mantan bek Everton ini untuk kali pertama menjadi kapten timnas.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)