JAKARTA - Real Madrid nyaris tumbang sebelum bermain imbang 1-1 melawan tim papan bawah Las Palmas di pertandingan La Liga Spanyol di Stadion Gran Canaria, Jumat, 30 Agustus 2024 dini hari WIB. Binang anyar Kylian Mbapepe pun belum mampu menunjukkan ketajamannya dan masih menunggu gol.

Mbappe tak kunjung membobol gawang lawan di kompetisi domestik. Madrid pun mengawali kompetisi dengan hasil tak memuaskan. Meski masih tak terkalahkan, namun Madrid sudah kehilangan empat poin.

Akibatnya, langkah Madrid mengejar pesaingnya, Barcelona, tersendat. Barca meraih poin sempurna selama tiga laga pertama. Alhasil, Blaugrana sukses nangkring di puncak klasemen dengan poin sembilan. Disusul Villarreal yang terpaut dua poin dengan Barca.

Sementara, Madrid tertahan di peringkat lima dengan poin lima setelah kehilangan poin saat menyambang markas Las Palmas. Ironisnya, Madrid gagal menang di pertandingan melawan tim papan bawah. Las Palmas yang memiliki dua poin menduduki peringkat 16 atau dua strip dari zona degradasi. Di laga sebelumya, Las Palmas menerah 2-1 lawan Leganes.

Dalam duel itu, pelatih Madrid Carlo Ancelotti melakukan perubahan menyusul absennya Jude Bellingham yang mengalami cedrea. Mbappe ditempatkan sebagai centre forward.

Eks bintang Paris Saint-Germain ini didukung Vinicius Junior, Brahim Diaz dan Luka Modric. Sementara, duo Brasil lainnya, Rodrygo Goes dan Endrick, duduk di bench.

Madrid yang mengawali laga dengan penuh kepercayaan diri justru kebobolan lebih dulu lewat gol cepat gelandang Alberto Moleiro. Saat pertandingan baru berjalan lima menit, Moleiro menunjukkan aksi individu melewati Aurelien Tchouameni dan Eder Militao sebelum melepaskan tendangan yang menaklukkan kiper Thibaut Courtois.

Tertinggal 1-0, Madrid mencoba bangkit. Namun mereka kesulitan membongkar pertahanan Las Palmas. Mbappe juga masih menunggu gol yang tak kunjung diciptakannya.

Mbappe sendiri baru mencetak satu gol saat melakukan debut bersama Madrid di pertandingan Piala Super Eropa atau UEFA Super Cup melawan Atalanta. Namun saat memasuki kompetisi, Mbappe malah belum bisa membobol gawang lawan. Sampai akhir babak pertama, skor tak berubah.

Di babak kedua, Las Palmas tetap menyulitkan Madrid yang memasukkan Rodrygo untuk menggantikan Diaz. Bahkan tuan rumah nyaris memperbesar keunggulan. Sayangnya, Sandro Ramirez gagal memanfaatkan peluang yang seharusnya sudah menjadi gol.

Kegagalan Ramirez menjadikan Las Palmas kehilangan poin penuh. Pasalnya, Madrid justru berhasil menyamakan skor lewat titik penalti di menit 68.

Penalti diberikan setelah bek Alex Suarez menyentuh bola di kotak terlarang. Keputusan itu mendapat protes dari Suarez. Namun wasit Mateo Busquets tetap pada keputusannya. Vinicius sukses menuntaskan eksekusi penalti meski kiper Jasper Cillessen bisa membaca arah bola dan nyaris menjangkaunya.

Dalam posisi imbang 1-1, Madrid meningkatkan tekanan. Apalagi, Los Merengues unggul dalam penguasaan bola. Hanya saja serangan mereka tetap gagal. Masuknya Endrick yang menggantikan Vinicius pun tak membuahkan hasil.

Bahkan tuan rumah sempat kembali unggul setelah Jaime Mata mencetak gol di menit 88. Namun wasit menganulir gol itu karena Mata dinilai dalam posisi offside. Skor imbang 1-1 bertahan sampai akhir laga.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)