JAKARTA - Liverpool berupaya mendatangkan gelandang yang bisa menggantikan Mohamed Salah. Sesuai arahan manajer sebelumna, Jurgen Klopp, Liverpool membidik bintang muda Real Sociedad Takefusa Kubo.

Saat hendak meninggalkan Liverpool, Klopp sudah berpesan agar merekrut Kubo. Perekrutan pemain tim nasional Jepang ini setidaknya menjadi solusi Liverpool yang akan kehilangan Salah.

Kontrak Salah memang akan berakhir tahun depan. Kapten timnas Mesir ini bisa saja bertahan sampai menghabiskan masa kontraknya di Anfield. Selanjutnya, Salah meninggalkan klub Premier League Inggris ini dengan status bebas transfer.

Namun Liverpool siap melepasnya bila ada klub yang tertarik membeli Salah. Sebelumnya sudah ada klub Liga Pro Arab Saudi yang tertarik mendatangkan Salah. Hanya rencana itu tak kunjung diwujudkan.

Wacana Liverpool mendatangkan Kubo mendapat dukungan dari gelandang Wataru Endo. Kapten timnas Jepang dan gelandang The Reds ini menyatakan kompatriotnya memang paling mendekati untuk menjadi suksesor Salah.

"Kubo," kata Endo saat disinggung mengenai siapa yang paling pantas menggantikan Salah di Liverpool.

"Pencarian pemain untuk menggantikan Mohamed Salah sudah dimulai. Area itu [yang ditinggalkan Salah] memang harus diperkuat. Menurut saya pemain yang bisa menggantikan dia tak lain Kubo," ujarnya.

Liverpool memang sudah melakukan pendekatan kepada Kubo. Menurut Football 365, perwakilan klub pun sudah bertemu agen pemain berusia 23 ini. Negosiasi berjalan mulus dan sudah mencapai titik akhir.

Setelah mencapai kesepakatan, Liverpool bakal menebus klausul rilis Kubo senilai 50 juta poundsterling dari Sociedad. Keuntungan yang sudah pasti berlipat karena Sociedad hanya perlu mengeluarkan 5 juta poundsterling saat membelinya dari Real Madrid.

Persoalannya, Liverpool belum bertemu dengan Sociedad terkait perekrutan Kubo. Presiden klub Jokin Aperribay menyatakan belum ada negosiasi pembelian pemainnya.

"Tidak ada negosiasi dengan klub mana pun. Kami memang memasuki bursa transfer pemain sehingga apa pun bisa terjadi. Tetapi tidak ada isu apa pun [terkait Kubo]," ucap Aperribay.

Hanya, Aperribay berucap bila Kubo sudah betah di Sociedad. Dia juga berharap pemain didikan Akademi La Masia milik Barcelona ini bertahan di Sociedad.

"Take sangat bahagia di Sociedad dan menyatakan keinginannya bertahan di sini. Kami sangat menyukai Kubo. Kai berharap dia di sini selamanya," kata dia lagi.

Hal sama dikatakan pelatih Imanol Alguacil yang optimistis bisa mempertahankan pemainnya. Ia tak ingin Kubo pergi karena dirinya tetap menjadi bagian dari rancangan tim Sociedad.

"Untuk saat ini, Take milik kami dan dia bersama kami. Tim tetap mengandalkan mereka," ucap Alguacil.

Kubo bergabung dengan Sociedad pada 2022. Selama 85 kali bermain untuk Sociedad, dirinya telah mencetak 16 gol dan membuat 14 assist.

Kubo sempat diperebutkan Barca dan Madrid. Barca yang merasa memiliki karena sudah mendidik Kubo saat masih yunior selama empat tahun. Hanya saja Barca malah membiarkan Kubo pulang kampung untuk memperkuat FC Tokyo.

Dari FC Tokyo, dia hendak diboyong kembali oleh Barca. Namun mereka kalah cepat dengan pesaingnya, Madrid yang berhasil menggaet Kubo.

Hanya saja setelah bergabung dengan Madrid, dia justru lebih sering dipinjamkan. Madrid sekadar membelinya dan kemudian menyia-nyiakan potensi Kubo.

Lebih dari itu, Madrid pun menjual Kubo dengan harga murah ke Sociedad. Kini, La Real yang menangguk sukses dengan kehadiran Kubo.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)