JAKARTA - Estella Loupatty mendapat panggilan Timnas Wanita Indonesia di bawah asuhan Satoru Mochizuki. Dia sudah ikut pemusatan latihan (TC) pada Selasa, 25 Juni 2024, di Lapangan ABC Senayan, Jakarta.

Estella langsung menjadi pusat perhatian. Dia merupakan diaspora berdarah Indonesia-Belanda-Argentina.

Darah Indonesia pemain 20 tahun ini berasal dari sang ayah yang merupakan keturunan campuran Belanda-Maluku.

VOI.id menelusuri bahwa nama belakang Laopatty merupakan famili maluku dari Negeri Akoon, Kecamatan Nasalaut, Maluku Tengah.

Estella bisa bermain sebagai winger, bek sayap, maupun gelandang, kanan maupun kiri. Kini, dia tengah membela klub AFC (Amsterdamsche Football Club) Vrouwen 1 Belanda.

Karier sepak bola Estella dimulai saat dirinya sekolah dasar. SC Buitenveldert jadi sekolah sepak bola pertamanya untuk menimba ilmu.

Dia menghabiskan belajar sepak bola di klub Amsterdam itu selama tiga tahun.

Estella kemudian tercatat juga pernah membela Telstar Vrouwen.

Kini, Estella sudah memantapkan hati untuk memilih Indonesia sebagai negara yang dibelanya. Indonesia sebagai negara asalnya menjadi alasan kuat memilih Merah-Putih.

"Sejak kecil saya selalu mendambakan bermain di negara lain. Saya ingin mengetahui lebih dalam mengenai budaya negara asal saya (Indonesia)."

"Saya ingin tahu bagaimana mereka bermain sepak bola dan ingin bergabung. Jadi, ini lebih ke perasaan yang ada jauh dari dalam lubuk hati saya terhadap Indonesia," ungkap Estella selepas TC Timnas Wanita Indonesia.

Pemain 20 tahun itu sudah tak sabar tampil membela Indonesia di turnamen resmi. Dia berharap bisa berkontribusi besar untuk sepak bola wanita Tanah Air.

"Saya rasa, pertama saya ingin lolos di fase grup Piala Asian Wanita. Kemudian, bisa meraih kemenangan di setiap laga yang kami jalani," tutur Estella.

Estella merupakan satu dari dua nama pemain keturunan yang sudah gabung TC Timnas Indonesia. Satu nama lagi ialah Noa Leatomu yang juga berdarah Indonesia-Belanda.

Biodata

Nama: Estella Loupatty

Tempat lahir: Belanda

Tanggal lahir: 14 November 2003

Klub: AFC Vrouwen 1 Belanda

Posisi: Winger, Bek Sayap, Gelandang

Estella Loupatty sudah gabung TC Timnas Wanita Indonesia (dok. PSSI).

Estella Loupatty saat bela Telstar Vrouwen (Instagram/@estellaloupatty).

Estella Loupatty Estella Loupatty (Instagram/@estellaloupatty).


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)