JAKARTA - Pelatih Daniele De Rossi tak lagi menjadi pelatih sementara AS Roma. Dirinya resmi diangkat sebagai pelatih kepala Roma dengan menerima kontrak hingga 2027.

De Rossi menggantikan Jose Mourinho yang diberhentikan Roma pada Januari lalu. Pemecatan Mourinho sempat menimbulkan gejolak karena pelatih asal Portugal ini sukses merebut hati suporter.

Namun gejolak itu reda setelah klub menunjuk De Rossi sebagai pelatih sementara. De Rossi tak lain pangeran Roma dan idola fans. Dia merupakan legenda sejajar dengan Francesco Totti dan Giuseppe Giannini.

Sejak menggantikan Mourinho pada 16 Januari 2024 De Rossi melakoni 24 pertandingan Roma di berbagai kompetisi. Pelatih berusia 41 ini membawa Roma ke semifinal Liga Europa dan menduduki peringkat enam Serie A Italia.

Selama ditangani De Rossi, Roma tercatat menang 14 kali, imbang dan kalah masing-masing enam kali.

Keberhasilan itu menjadikan Giallorossi kembali berlaga di Liga Europa. Pasalnya, Italia musim ini mendapat jatah lima tim ke Liga Champions.

Diresmikannya De Rossi sebagai pelatih kepala sesungguhnya hanya formalitas belaka.

Roma sesungguhnya sudah mengisyaratkan mengangkat De Rossi menjelang berakhirnya kompetisi. Apalagi setelah memberhentikan Mourinho, Roma tak disibukkan mencari pelatih baru.

Saat itu, Roma melakoni laga kedua perempat final Liga Europa melawan AC Milan. Sang pemilik klub, Grup Friedkin, menyatakan keinginannya melanjutkan kerjasama dengan De Rossi.

"Kami senang membangun proyek jangka panjang dengan Daniele," demikian pernyataan sang pemilik klub dalam rilis pada 18 April 2024.

De Rossi menghabiskan karier sebagai pemain di Roma. Dia adalah produk lokal yang mendukung I Lupi sejak kecil. De Roma pun dibina Roma sejak remaja pada 2000.

Hanya satu tahun di tim yunior, dia sudah masuk tim senior hingga 2019. Dalam kariernya yang panjang, dia cuma memenangi Coppa Italia dua kali dan sekali Supercopa Italiana. Meski demikian, De Rossi tak pernah berniat meninggalkan Roma.

Dia baru pergi dari Roma saat menjelang pensiun. Saat meninggalkan Roma, De Rossi menolak bermain di klub Italia mana pun. Dirinya memilih terbang ke Argentina dan bermain di Boca Juniors.

Namun De Rossi hanya bermain selama satu tahun. Dia memutuskan gantung sepatu dan kemudian berkarier sebagai pelatih. De Rossi menjadi asisten pelatih Roberto Mancini saat membawa Italia juara Euro 2020.

Selanjutnya, dia hanya beberapa bulan menangani klub Serie B SPAL. Pengalaman yang masih minim sebagai pelatih menjadikan De Rossi diragukan saat Roma menunjuk dia menggantikan Mourinho.

Mantan kapten Roma menggantikan Totti ini membuktikan kinerjanya tak buruk saat menangani klub Serie A. Bahkan dia nyaris meloloskan Roma ke Liga Champions meski akhirnya menutup kompetisi dengan menduduki peringkat enam.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)