JAKARTA - Liverpool tak memberi ampun kepada Sparta Praha saat memastikan lolos ke perempat final Liga Europa. Pada laga kedua babak 16 besar di Stadion Anfield, Jumat, 15 Maret 2024 dini hari WIB, Liverpool kembali berpesta gol dan menang 6-1.

Liverpool sesungguhnya sudah berpesta di kandang lawan. Sparta Praha yang saat ini menduduki puncak klasemen di kompetisi domestik dihabisi Liverpool 5-1 di hadapan pendukung mereka.

Kemenangan besar itu menjadikan Liverpool sudah 90% lolos ke perempat final. Pasalnya Sparta Praha butuh keajaiban untuk membalikkan keadaan pada duel kedua di kandang The Reds di Anfield.

Terbukti, mereka bukannya menang malah kembali menghadapi pembantaian untuk kali kedua. Dalam duel tersebut, Liverpool menggelontori gawang Sparta dengan enam gol.

Jadinya, raksasa Premier League Inggris ini unggul agregat 11-2. Ini menjadi agregat terbesar di kompetisi Eropa musim ini.

Dalam duel di kandang sendiri, Liverpool yang tidak menurunkan tim terbaik tetap terlalu kuat bagi klub Rep. Ceko ini. Manajer Jurgen Klop merotasi pemain dan membangkucadangkan sebagian besar pilar.

Apalagi pada laga berikutnya, The Kop menghadapi rival bebuyutan Manchester United di Piala FA di Old Trafford, Minggu, 17 Maret 2024 malam.

Terbukti, pertandingan baru berjalan tujuh menit, Liverpool sudah unggul lewat gol Darwin Nunez. Gol berawal dari umpan matang Dominik Szoboszlai yang dituntaskan dengan baik oleh Nunez.

Hanya berselang satu menit, gawang Sparta sudah kebobolan lagi. Kali ini, gelandang berusia 19 Bobby Clark mencetak gol yang mengubah skor menjadi 2-0.

Liverpool kian sulit dibendung. Pertahanan Sparta yang rapuh menjadi bulan-bulanan pemain tuan rumah. Liverpool pun tak perlu menunggu lama untuk menambah gol.

Di menit 10, Clark memberi assist kepada Mohamed Salah yang berhasil mengonversi peluang itu menjadi gol.

Ini menjadikan Salah mencetak rekor sebagai pemain pertama dalam sejarah klub yang mampu mengoleksi lebih dari 20 gol di berbagai kompetisi selama tujuh musim berturut-turut.

Belum puas dengan tiga gol itu, giliran Cody Gakpo yang membobol gawang Sparta yang dikawal Peter Vindahl. Gakpo mendapat umpan dari Salah untuk mencetak gol di menit 14.

Dengan demikian, Liverpool sudah unggul 4-0 dalam tempo kurang dari 15 menit.

Harapan Sparta pun pupus sudah dan mereka hanya berusaha agar tidak kebobolan lagi di menit-menit selanjutnya.

Sparta akhirnya mendapat gol hiburan setelah Veljko Birmancevic membobol gawang Liverpool di menit 42. Gol itu menjadikan skor berubah 4-1 saat babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, Liverpool tetap tak menurunkan tempo permainan. Pertandingan baru berjalan tiga menit, Szoboszlai sudah membobol gawang lawan.

Selanjutnya, Gakpo mencetak gol kedua di pertandingan itu di menit 55. Skor berubah menjadi 6-1 untuk Liverpool. Tidak ada lagi tambahan gol. Gakpo pun mengakhiri pesta gol Liverpool.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)