JAKARTA - Komite Nasional Partai Demokrat menggelontorkan lebih dari 100.000 dollar AS (setara Rp1,5 miliar) dalam upaya pertama untuk mendaftarkan 9 juta orang Amerika yang tinggal di luar negeri.

Upaya ini demi memenangkan suara calon wakil presiden dari partai tersebut, Kamala Harris, pada pemilihan presiden Amerika Serikat 5 November 2024.

Pendanaan untuk Democrats Abroad, yang mewakili anggota Partai Demokrat yang tinggal di luar Amerika Serikat, akan digunakan untuk membayar biaya pendaftaran pemilih dan menyebarkan informasi tentang cara memberikan suara dari luar negeri, kata seorang pejabat DNC ​​pada Senin, 12 Agustus.

Dilansir Reuters, pejabat DNC ​​mengatakan ada lebih dari 1,6 juta orang Amerika dari negara bagian Arizona, Georgia, Michigan, Nevada, North Carolina, Pennsylvania, dan Wisconsin yang tinggal di luar negeri, dan mereka akan berjuang untuk mendapatkan setiap suara.

Negara-negara bagian tersebut penting bagi Harris atau mantan Presiden Partai Republik Donald Trump untuk memenangkan pemilu.

Presiden Joe Biden mengalahkan suara Trump untuk memenangkan kursi kepresidenan tahun 2020 dengan hanya memenangkan 44.000 suara di seluruh Arizona, Georgia, dan Wisconsin.

“DNC tidak melakukan apa pun untuk memastikan bahwa Kamala Harris akan menjadi presiden Amerika Serikat berikutnya,” katanya dalam pernyataan.

Tercatat hanya 8 persen warga Amerika yang tinggal di luar negeri telah mendaftar untuk memilih pada pemilu 2020.

“Pemilu ini akan dimenangkan secara marginal, dan dengan hanya tiga bulan menjelang pemilu, setiap suara penting – termasuk suara mereka yang bertugas atau tinggal di luar negeri.”

Pemilih terbesar warga Amerika yang tinggal di luar negeri tinggal di Meksiko, kata seorang pejabat DNC, dan jumlah terbesar berikutnya tinggal di berbagai negara di Eropa.

Harris dan pasangannya, Gubernur Minnesota Tim Walz, pekan lalu mengunjungi beberapa negara bagian yang menjadi medan pertempuran politik, mengadakan kampanye dengan ribuan orang dan membangun momentum yang telah mendorongnya sejak ia mengambil alih posisi teratas Partai Demokrat setelah Presiden Joe Biden mengundurkan diri.

Harris unggul atas Trump masing-masing dengan selisih empat poin persentase dalam jajak pendapat terpisah di Wisconsin, Michigan, dan Pennsylvania yang dilakukan oleh New York Times dan Siena College.

Ini merupakan perubahan besar dari jajak pendapat di negara-negara bagian tersebut yang dilakukan sebelum Biden mundur dari pencalonan presiden bulan lalu.

Secara nasional, Harris mengungguli Trump dengan selisih lima poin persentase, yaitu 42% berbanding 37%, dalam jajak pendapat Ipsos yang dipublikasikan pada Kamis.

Angka ini memperluas keunggulannya dari survei Reuters/Ipsos pada tanggal 22-23 Juli, yang menunjukkan bahwa Harris naik 37% menjadi 34%.

Martha McDevitt-Pugh, ketua Partai Demokrat di Luar Negeri, menyebut pendanaan DNC sebagai penegasan kuat atas pekerjaan kami dan pentingnya pemilih di luar negeri, yang memberikan suaranya di negara bagian asal mereka dan telah menjadi margin kemenangan dalam berbagai pemilihan penting, seperti mengantarkan Georgia pada tahun 2020.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)