JAKARTA - Calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan menjawab pertanyaan yang diambil secara acak mengenai cara memerangi kasus korupsi dalam debat capres 2024 perdana.

Ia menjawab, salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan menerapkan standar etika yang tinggi dalam pemilihan ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Yang tidak kalah penting adalah standar etika untuk pimpinan KPK harus standar yang tinggi," kata Anies, Selasa, 12 Desember.

Tak hanya itu, Anies juga menyebut koruptor bisa jera jika Undang-Undang Perampasan Aset disahkan dan ada hukuman dimiskinkan kepada mereka. Begitu juga, UU KPK yang kontroversial, menurut Anies, perlu direvisi agar KPK menjadi lembaga yang kuat kembali.

Selanjutnya, Anies menginginkan, adanya imbalan atau reward kepada masyarakat yang membantu melakukan pelaporan penyelidikan kasus korupsi.

"Sehingga, ketika melaporkan kita akan punya partisipasi masyarakat dan itu dibolehkan oleh undang-undang. Dengan begitu, bukan hanya aparat penegak hukum tapi seluruh rakyat ikut memerangi korupsi," ujar Anies.

"Gerakan antikorupsi harus menjadi getakan semesta yang melibatkan seluruh rakyat," lanjutnya.

 

Dalam Pilpres 2024, debat capres-cawapres digelar sebanyak 5 kali. Debat pertama, ketiga, dan kelima merupakan debat khusus capres. Sementara, debat kedua dan keempat merupakan debat khusus cawapres.

Tema debat perdana pada malam ini mengangkat tema hukum dan HAM, pemerintahan, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Tempat debat perdana dibuat dengan desain yang dibuat melingkar layaknya tribun di stadion sepak bola. Kapasitas tempat debat model townhall ini bisa menampung hingga 800 orang.

Dalam pelaksanaannya, debat akan berlangsung selama 150 menit. Khusus sesi debat berjalan selama 120 menit, dan 30 menit sisanya tayangan iklan. Debat terbagi dalam enam segmen.

 


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)