JAKARTA - Band rock asal Semarang Powerslaves melanjutkan proses penyelamatan karya-karya lama mereka. Kali ini, giliran Find Our Love Again yang dirilis ulang. Apa yang berbeda kali ini?

Sebelum melangkah lebih jauh. Perlu diketahui, seperti halnya versi baru lagu Impian yang dirilis Agustus kemarin, master rekaman lagu Find Our Love Again juga dimiliki label yang menaungi mereka 26 tahun silam, Musica Studios. Sehingga, untuk bisa memasukan lagu ini ke dalam album The Best yang mereka rencanakan, Heydi Ibrahim dkk memutuskan untuk merekamnya lagi.

Oktober tahun lalu, band yang terbentuk sejak tahun 1991 ini membuka langkah pengarsipan lagu-lagu hits lama mereka melalui versi anyar dari lagu Kau dan Aku, berlanjut ke Hanya Kamu, Impian dan sekarang Find Our Love Again. Nantinya, lagu-lagu ini akan diceploskan dalam album The Best yang akan dirilis dalam waktu dekat – dilengkapi dengan lagu-lagu baru seperti Terus Melangkah, Stare At Me, dan Sudah Jangan.

Dalam percakapan eksklusif VOI dengan para personel Powerslaves beberapa waktu lalu, terungkap bahwa Find Our Love Again dikembalikan ke versi panggung saat lagu ini belum direkam, 26 tahun lalu. 

Find Our Love Again dibuat pertama kali pada tahun 1991 dengan nada dasar C. Di atas panggung pun sama, lagu ini kerap dibawakan pada nada dasar itu. Tapi, ketika mereka menandatangani kontrak dengan Musica Studios pada tahun 1993, Heydi menemukan ketidaknyamanan saat menyanyikan salah satu part lagu ini. Nada dasarnya lalu diturunkan ke A. Inilah yang akhirnya terdengar di album debut mereka, Metal Kecil (1994).

Ketika Powerslaves membawakan lagu ini di panggung, nada dasarnya dikembalikan lagi ke C. Bukan cuma sebagian besar penggemar yang tidak tahu soal ini, Heydi juga ternyata tidak menyadarinya.

Lucunya, baru 18 tahun kemudian lah Heydi tahu bahwa nada dasar lagu Find Our Love Again versi rekaman dan versi panggung berbeda. Ia pun baru menyadari bahwa selama ini dia baik-baik saja bernyanyi di nada dasar C. Bahkan lebih lepas.

Lagu ini lantas diaransemen ulang sesuai versi live dan dirilis sejak 1 Oktober kemarin. Tentu saja, nada dasarnya di C dengan penambahan sejumlah elemen yang membuat lagu ini kini lebih bernyawa.

“Aransemen lagu Find Our Love Again yang baru lebih bertenaga dan berasa live-nya, istilahnya lebih nge-band gitu,” kata Wiwiex Soedarno kepada VOI.

"Pastinya, versi yang sekarang lebih rock dan agresif," timpal Anwar mengakhiri. 

Kejutan apa lagi yang akan diberikan Powerslaves kepada penggemar setia mereka yang biasa disebut Slavers? Kabarnya, November mendatang ada sesuatu yang tidak kalah spesial.

"Tunggu saja bulan depan," kata Indra Budi, manajer Powerslaves.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)